Jembatan Ampera Palembang (Photo: Beritadaerah.com)

Renovasi Jembatan Ampera Palembang Dikebut

(Beritadaerah – Sumbar) Menjelang perhelatan bergengsi Asean Games, Pemkot Palembang terus melakukanperbaikan Jembatan Ampera, dikebut siang malam. Saat ini, selain pengecatan dan perbaikan pedestrian, juga tengah dilakukan perbaikan plat lantai di jembatan yang merupakan salah satu ikon Kota Palembang.

“Ada keretakan, bekas kena kebakaran beberapa tahun lalu. Jadi, kita lakukan injeksi beton growthing ke dalam lantai yang retak,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Satker Metropolitan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V, Suwarno, Jumat (18/5).

Suwarno menambahkan, saat ini masih terus dilakukan pengecatan dasar untuk jembatan pampasan perang di masa penjajahan Jepang ini. “Kita cat dasar dua lapis, setelah itu baru cat permukaan. Warnanya tetap merah.”

Ketahanan cat ini sendiri, untuk glossy bisa bertahan sampai lima tahun. Sedangkan anti karatnya sampai 10 tahun ke depan. “Biaya untuk pengecatan ini mencapai Rp 4 miliar,” Suwarno menyebutkan.

Sedangkan untuk pedestrian, kata Suwarno, akan diganti dengan batu granite. “Sekarang sudah mulai ada pemasangan. Yang lama diganti dengan granite. Nanti, akan dipasang bangku taman. Untuk penghijauannya akan memakai pot, tapi kemungkinan baru tahun depan diadakan.”

Targetnya, perbaikan pedestrian Ampera di sebelah kanan ini akan selesai sebelum Idul Fitri.
“Lebaran, kita stop dulu pengerjaan. Setelah itu langsung menyambung ke pedestrian sisi kiri.”

Kepala BBPJN V, Zamharir Basuni, mengungkapkan, jembatan yang menjadi penghubung utama kawasan Seberang Ilir dan Seberang Ulu, ini akan kembali diperindah dengan dicat ulang.

Selain pengecatan, Ampera juga akan direnovasi meliputi perbaikan tiang penyangga yang mulai berkarat, fasilitas pejalan kaki, dan bagian dalam Ampera juga akan dicat.

“Untuk memperindah Jembatan Ampera, disiapkan anggaran sebesar Rp 20 miliar,” ungkapnya.

Sedangkan untuk pengecatan jembatan, akan dilakukan bagian luarnya terlebih dahulu dan setelah Asian Games 2018 baru akan dilanjutkan bagian dalam jembatan.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa meskipun akan dilakukan renovasi maka tak akan ada penutupan jembatan, jadi masyarakat tetap bisa melaluinya seperti biasa.

 

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*