Presiden Jokowi memberikan sambutan pada peresmian Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Majalengka, Jabar, Kamis (24 Mei 2018) pagi. (Foto: Humas Setkab)

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati

(Beritadaerah – Nasional) Pagi ini (24/5) tibalah saatnya Bandara Internasional Kertajati diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Pesawat kepresidenan CN 295 TNI AU yang membawa rombongan Presiden Jokowi menjadi pesawat yang pertama mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5) pagi, beberapa saat sebelum diresmikan.

Pendaratan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 itu disambut dengan siraman air oleh dua mobil yang berada di sisi kiri dan kanan pesawat tersebut. Proses penyiraman yang merupakan tanda pendaratan perdana di BIJB Kertajati ini berlangsung sekitar 1 (satu) menit.

“Alhamdulillah, tadi kita sudah saksikan pendaratan bersejarah ini karena ini pendaratan resmi pertama pesawat turun di bandara internasional Kertajati setelah kemarin memang ada percobaan-percobaan yang telah dilakukan,” kata Presiden Jokowi dalam sambutan peresmian Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Presiden berharap Bandara Kertajati di Majalengka, ini nantinya betul-betul menjadi sebuah bandara yang bisa memberikan pelayanan kepada seluruh warga Jawa Barat, dan tentu saja seluruh masyarakat Indonesia yang ingin ke Jawa Barat.

Selain itu, Presiden juga kita berharap beroperasinya Bandara Kertajati akan memberikan dampak ekonomi, baik terhadap kabupaten Majalengka maupun Provinsi Jawa Barat secara keseluruhan.

“Kita juga ingin nantinya bandara Kertajati ini terintegrasi dengan pelabuhan Patimban karena jarak dari sini ke Patimban kurang lebih 40an kilometer,” ungkap Presiden seraya menmbahkan, integrasi itu akan memudahkan, memberikan fasilitas pelayanan kepada investor kepada investasi-investasi yang masuk sehingga pertumbuhan ekonomi di Indonesia lebih meningkat dan lebih baik.

Pembangunan Bandara Kertajati di Majalengka itu, dinilai Presiden Jokowi sebagai sebuah uji coba yang berhasil, dimana kerja sama antara pemerintah pusat, antara pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan juga dari perusahaan swasta membangun bandara ini.

Menjawab pertanyaan wartawan, Presiden Jokowi mengemukakan, bahwa Menteri Perhubungan telah menyampaikan kepada dirinya, tanggal 8 Juni ini, sudah ada penerbangan komersial yang masuk di Bandara Kertajati.

Peresmian Bandara Kertajati, Majalengka ini juga dihadiri oleh Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

 

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Humas Setkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*