Ilustrasi: Perintis Tol Laut (Sumber: Kominfo)

Fasilitas Tol Laut Bantu Turunkan Harga Kebutuhan di Kepulauan Sangihe

(Beritadaerah – Sulut) Bagi masayarakat yang tinggal di daerah kepulauan sangat bergantung kepada alu lintas laut untuk memenuhi kebutuhan keseharian hidupnya. Untuk itu Program Tol Laut yang digalakkan pemerintah sangat memberikan manfaat yakni dengan adanya penurunan harga sejumlah barang kebutuhan masyarakat di wilayah kepulauan.

Seperti masyarakat Kepulauan Sangihe misalnya, kini mulai merasakan dampak positif dari program Tol Laut, sebagaimana disampaikan oleh Asisten Administrasi Pembangunan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Benhard Pilat di Tahuna, Sulut, Senin (28/5).

Dengan adanya fasilitas Tol Laut, harga barang kebutuhan masyarakat mulai turun, sehingga daya beli masyarakat juga meningkat.

Melalui program Tol Laut, kata dia, Pemerintah Kabupaten Sangihe juga melakukan terobosan untuk kepentingan masyarakat dengan mengusulkan kepada pemerintah pusat guna menambah jalur pelabuhan asal yang sebelumnya hanya Makassar-Tahuna menjadi Surabaya-Makassar-Tahuna.

“Saat ini rute Tol Laut tidak hanya dari Makassar tapi sudah bertambah yaitu Surabaya-Makassar-Tahuna,” kata Benhard.

Selain penambahan rute, kapal yang digunakan sudah diganti dengan kapal yang lebih besar sehingga dapat memuat kontainer lebih banyak.

“Kapal yang digunakan untuk Tol Laut ke Tahuna sudah bisa memuat 200 kontainer sehingga sangat bermanfaat dalam mengangkut kebutuhan pokok masyarakat dari Surabaya dan Makassar sampai Tahuna dan sebaliknya,” kata dia.

Berdasarkan hasil evaluasi, kata dia, saat ini sudah terjadi penurunan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat sampai di wilayah pelosok kepulauan dan pedesaan. Juga, program Tol Laut ini sangat bermanfaat untuk mengangkut hasil komoditas pertanian dan perikanan keluar daerah.

Diharapkan semua pengusaha yang ada di Tahuna dapat memanfaatkan program Tol Laut untuk kepentingan usaha dan pelayanan kepada masyarakat.

 

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*