Ilustrasi: Pantai Kuta Mandalika Lombok, NTB (Photo: Ferry Liu/BD)

Promo Destinasi Mandalika Bidik 225 Ribu Wisman Belanda

(Beritadaerah – Nasional) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelenggarakan kegiatan Misi Penjualan (sales mission) Destinasi Wisata Prioritas Mandalika di Belanda pada tanggal 30 Mei–5 Juni 2018. Acara ajang promosi ini berlangsung di dua kota besar Belanda yaitu Amsterdam dan Eindhoven.

Sales mission ini tidak hanya sebagai upaya mengejar target 225.000 wisman dari Belanda, namun sekaligus meregenerasi pasar tradisional, dengan mengusung destinasi Mandalika dan sekitarnya sebagai feature .

“Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar fokus pada 4 DPP, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. DPP Mandalika tidak hanya menyajikan keindahan alam seperti pantai dan biota laut yang masih alami dan lestari, tetapi juga dikembangkan menjadi pusat bisnis, MICE, luxury resort, marina, golf course, dan bahkan sedang dibangun sirkuit berkelas internasional yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MOTOGP 2019,” kata Nia Niscaya, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar, dalam keterangan resminya Senin (4/6).

Sales mission di Belanda dirangkai dalam tiga kegiatan dimulai dengan product knowledge  dalam Election of Best Travel Agents in Amsterdam bekerjasama dengan media pariwisata terbesar di Belanda Travel Media dan maskapai penerbangan KLM. Kemudian kegiatan kompetisi pemilihan travel agent terbaik, diselenggarakan oleh Travel Media, waktu pelaksanaan selama delapan bulan untuk memilih travel agent terbaik dari masing-masing provinsi, dengan berbagai tahapan seleksi, di antaranya kuis, case study, serta kreativitas pembuatan dan pemasaran paket wisata Indonesia di Belanda.

Acara berikutnya Kemenpar bekerjasama dengan KBRI Den Haag, Garuda Indonesia, dan Ron Gastrobar Indonesia mengikuti festival kuliner terbesar di Belanda ‘Taste of Amsterdam’, berlangsung di Amstelpark, Amsterdam, pada 1-3 Juni 2018.  Paviliun Indonesia menyuguhkan kuliner terbaik, yaitu hidangan otentik maupun fusion yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Belanda. Pada kesempatan tersebut ditampilkan  Chef Agus Hermawan sebagai  duta ikon kuliner Indonesia di Belanda.

Rangkaian  misi penjualan ditutup dengan table top meeting, akan  dilaksanakan di Amsterdam pada 4 Juni 2018, dilanjutkan di Eindhoven pada 5 Juni 2018. Kegiatan table top meeting diikuti 7 industrti pariwisata Indonesia sebagai seller terdiri dari 5  tour operator. Acara table top meeting  akan dihadiri 80 buyers potensial dari  Amsterdam dan Eindhoven.

Data jumlah kunjungan wisman Belanda ke Indonesia tahun 2017 sebanyak 205.844 atau meningkat 2,82% dibanding tahun 2016 sebanyak 195.463 wisman, sementara pada Januari hingga Maret 2018 tercatat sebanyak 37.395 wisman atau mencapai 16,62% dari target wisman Belanda yang tahun ini ditetapkan sebanyak 225.000 wisman.

 

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*