Info Mudik 2018: Menhub Titik Rawan Macet Arus Mudik Pada Ruas Tol Cikampek, Cipali, Dan Merak

(Berita Daerah – Jakarta) Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan ada beberapa titik utama yang akan rawan kemacetan di jalur darat. Hal ini disampaikan Menhub usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018 di Lapangan Silang Monas, Rabu (6/6).

“Perkiraannya ada beberapa titik utama yang menjadi rawan kemacetan di jalur darat. Kita perkirakan daerah yang paling rawan macet adalah Tol Cikampek, Cipali, dan Merak,” jelas Menhub.

Menhub telah melakukan antisipasi terkait kepadatan arus mudik lebaran, seperti melakukan persiapan dan pengecekan lebih detail pada beberapa ruas tol fungsional. Menhub pun mengungkapkan bahwa ruas tol fungsional akan segera berfungsi.

“Kemarin, saya meninjau tol fungsional dan melengkapi berbagai persiapan. Hasilnya peninjauan menunjukkan bahwa sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu. Jadi jalannya bagus dan persiapan yang juga dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara sangat bagus. Kita pun sudah menyatakan akan berfungsi pada hari Jumat (8/6) pukul 06.00,” jelas Menhub.

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan juga telah melakukan riset yang telah dijalankan sebelum ditetapkannya libur panjang cuti bersama. Namun, terdapat evaluasi dari hasil riset tersebut. Dimana, adanya penambahan puncak arus mudik dan balik.

“Jadi kita bukan memperkirakan saja, tapi kita juga membuat riset sebelum pengumuman libur panjang. Semula puncak arus mudik adalah tanggal 12-13 Juni 2018 namun kita evaluasi lagi dan hasilnya terdapat 2 puncak mudik yaitu 8-9 Juni 2018 dan 12-13 Juni 2018. Begitu pula dengan arus balik yang semula tanggal 24-25 Juni 2018 namun setelah dievaluasi menunjukkan pada tanggal 19-20 Juni 2018 lebih banyak,” tutup Menhub.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Image : Dephub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*