Masih Miliki Daya Tarik, Pasar Tradisional Tetap Tak Terkalahkan

(Berita Daerah – Jakarta) Presiden Joko Widodo menyambangi pasar tradisional Kranggan yang berlokasi di Jalan Poncowinatan, Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta, Rabu (25/7).

Meskipun banyak berdirinya mall-mall disekitar kita, namun daya tarik pasar tradisional tetaplah tak terkalahkan. Harga yang jauh berbeda dan bisa saling tawar menawar, itulah yang membuat minat masyarakat lebih banyak ke pasar tradisional.

Sampai dengan saat ini, pasar tradisional masih memiliki daya tarik. Dalam kunjungan kerjanya ke Yogyakarta, Presiden Jokowi menyampaikan hal ini ketika menghadiri acara peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa dan lembaga kemasyarakatan desa tahun 2018 di Gedung Graha Pradipta, Jogja Expo Center (JEC), Kabupaten Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga sempat berbelanja dan melihat langsung pasar yang menurutnya masih menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja. Beberapa kebutuhan yang biasanya sulit didapatkan di pasar modern.

Saya tadi belanja yang memang di tempat lain (pasar modern) enggak ada, misalnya emping mentah, kemudian tadi kecipir, di mal enggak ada, terang Presiden.

Menurut Presiden, ibu-ibu masih banyak sekali yang belanja di pasar tradisional, artinya pasar masih mempunyai kekuatan daya tarik apabila ditata dengan baik, tidak becek, tidak bau, dan ada tempat parkir, ungkapnya.

Pasar Kranggan sendiri sebelumnya telah selesai direvitalisasi pada akhir 2015 lalu. Presiden Jokowi menyatakan bahwa proses revitalisasi pasar-pasar tradisional akan terus dilakukan oleh pemerintah.

Selama tiga setengah tahun belakangan, pemerintah telah merevitalisasi maupun dibangun mencapai kurang lebih 2.600 pasar. Sampai dengan saat ini, masyarakat masih menginginkan pasar-pasar tradisional yang ada di Indonesia tetap diminati oleh masyarakat sebagai lokasi belanja keperluan sehari-hari.

Agar pasar ini tetap terawat, tetap rapih dan bersih pasar dikelola oleh manajemen perpasaran serta adanya pengamanan yang menjaga 24 jam, pembersih sampah dll.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Image : vibizmedia|Rully

About Agustinus Purba

Agustinus Purba is an Editor of beritadaerah.co.id and Partner in Business Advisory Services of Vibiz Consulting. He also working as Trainer at LEPMIDA. Moreover, he also experienced as Content Creator at marketing field through social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.