Kekuatan Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah Kendalikan Inflasi

(Berita Daerah – Jakarta) Presiden Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IX Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2018 yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (26/7).

Presiden Jokowi sampaikan bahwa upaya upaya pengendalian inflasi ini harus terus dilakukan, khususnya koordinasi antara pemerintah pusat dengan daerah yang harus terus ditingkatkan.

Dalam Rakornas yang mengusung tema Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk Mewujudkan Stabilitas Harga dan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif serta Berkualitas ini, Presiden menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar besarnya atas capaian inflasi selama empat tahun berada dibawah 4%.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan adanya koordinasi antara bank sentral, pemerintah pusat dan pemerintah daerah melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) telah berhasil mengendalikan inflasi stabil di angka 3,3%.

Baginya, lima tahun lalu, inflasi terpantau masih menyentuh angka 8,3%. Saat ini dari sisi inflasi, sangat rendah, 3,3%. Akhir tahun ini kemungkinan 3,7%, kata Perry.

Perlu diketahui bahwa kesejahteraan tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi dengan mengendalikan inflasi. Ke depan, ditargetkan inflasi berada di level 3%.

Inflasi adalah kunci memberikan kesejahteraan, tidak hanya menumbuhkan ekonomi.

Mengendalikan inflasi bukan hanya tugas pemerintah pusat dan daerah, kedua instansi tersebut harus bersinergi mengatasi permasalahan yang dapat menjadi pemicu inflasi.‎

Pemerintah harus mampu bergandengan tangan dan bersinergi mengatasi permasalahan pengendalian inflasi, terang Perry.

Untuk itu, pemerintah pusat dan daerah perlu berkolaborasi memperkuat kelembagaan, serta membuat landasan tata kelola pengendalian inflasi yang jelas, sehingga kesejahteraan tercipta dari inflasi terkendali.

Juga penguatan kelembagaan baik di di pusat maupun di daerah perlu diiperkuat perlu didukung landasan tatakelola, juknis termasuk kesediaan anggaran yang jelas.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Image : Vibizmedia-Rully

About Agustinus Purba

Agustinus Purba is an Editor of beritadaerah.co.id and Partner in Business Advisory Services of Vibiz Consulting. He also working as Trainer at LEPMIDA. Moreover, he also experienced as Content Creator at marketing field through social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.