Kota Medan Destinasi Pariwisata Di Utara Sumatera

(Beritadaerah – Kolom) Siapa tidak mengenal kota Medan? Tentu seantero Indonesia ini mengenal kota Medan yang sekarang memiliki jumlah penduduk 2,2 juta jiwa. Kesempatan saya untuk mengunjungi Medan disambut dengan kenyamanan bandara internasional Kualanamu. Saya sudah beberapa kali ke Medan, kali ini saya tidak menggunakan kereta api Railink, namun menggunakan mobil yang langsung membawa saya menuju kota Medan. Perjalanan saya menuju ke kota diisi dengan beberapa istilah yang tidak saya dengar di Jakarta, pernah dengan bentor?  Nah itu adalah singkatan kendaraan becak dengan motor. Kalau kita mendengar kereta, itu bukan kereta api namun kendaraan motor roda dua, dan istilah motor digunakan untuk menyebut mobil. Kalau mampir di pompa bensin bukanlah begitu sebutannya di Medan, namun mampirlah ke galon.

Ini Medan Bung! Begitulah tulisan di dinding saat saya sampai di hotel tempat saya menginap, sambil bergaya, foto di lukisan dinding ini asyik juga lho.. membuat pengunjung punya kenangan tersendiri tentang Medan. Hotel di Medan sudah cukup banyak untuk menampung pengunjung yang datang ke kota ini, tinggal pilih mau tinggal di bintang berapa, bisa didapatkan di Medan. Penduduk Medan menyambut pendatang dengan ramah, rasanya tidak sulit buat saya mendapat jawaban saat bertanya pada siapa saja untuk apa yang saya perlukan.

Medan masih terus berbenah, tiba di malam hari pada kota ini nampak di beberapa sisi masih memerlukan penerangan, bukan karena tidak ada listrik namun sekarang ini masih terus ditingkatkan pemenuhan kebutuhan listriknya. Keamanan kota ini masih terus ditingkatkan untuk memberikan keamanan bagi pendatang, elemen-elemen masyarakat kota Medan terus dibina untuk memberikan kenyamanan bagi pendatang. Jalan-jalan utama di kota Medan pada sore hari ke malam nampak dipenuhi oleh kendaraan, ini menunjukkan kondisi peningkatan pendapatan masyarakat yang semakin mampu, namun sudah perlu penataan kota yang lebih baik.

Inovasi juga dilakukan di Medan untuk menciptakan destinasi-destinasi baru, saya melewati lapangan merdeka, yang unik di sekitar lapangan ditempatkan berbagai tempat berjualan yang membentuk ‘Mall’ di sekitar lapangan.  Medan juga banyak memiliki gedung-gedung historis yang menarik, dan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung ke kota ini.

Tidak ketinggalan di kota ini terkenal dengan wisata kuliner yang benar-benar yummy, pernah dengan mie aceh dengan kepiting, wah sedap sekali, kunjungi saja Mie Aceh Titi Bobrok, dijamin hanya ada di Medan. Kalau suka kuliner makanan Chinesse food, kunjungi jalan Semarang, disana pendatang dimanjakan dengan berbagai makanan yang tidak cukup sehari menikmatinya dan buka hingga larut malam. Bagi pencinta kopi, terdapat berbagai macam kopi Sumatra yang terkenal nikmatnya seperti kopi Gayo, Mandailing, Sidikalang dan banyak lagi.

Medan menjadi salah satu kota pilihan yang menyenangkan untuk dikunjungi, beberapa indikator pariwisata sudah dipenuhinya, meski beberapa hal perlu ditambahkan seperti keamanan, kebersihan, dan juga penataan kota yang akan makin membawa Medan menarik bagi wisatawan.

Penulis Fadjar Ari Dewanto adalah Advisor Lepmida (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah)