Ilustrasi Pariwisata Indonesia

Pariwisata Indonesia Masuk 10 Besar Dunia Versi WTTC

(Beritadaerah – Nasional) The World Travel & Tourism Council (WTTC) menempatkan pariwisata Indonesia dalam 10 besar dunia, tepatnya peringkat 9. Kekuatan pariwisata Indonesia memang luar biasa sehingga tidak salah jika pariwisata menjadi sektor unggulan di Indonesia.

WTTC adalah sebuah institusi yang menaungi industri travel dan pariwisata dunia yang memiliki kantor pusat di London, Inggris dengan anggota tersebar ke banyak negara.  WTTC sangat kompeten dalam mengeluarkan penilaian, seperti merilis daftar Power & Performance Report. Daftar ini adalah bagian dari World Tourism Day, alias, Hari Pariwisata Dunia.

Menurut Direktur Eksekutif WTTC Gloria Guevara, sektor pariwisata menyumbang 10,4 persen dari pertumbuhan ekonomi dunia, dan menyediakan 313 juga lebih lapangan pekerjaan.

Penilaian dilakukan berdasakan perkembangan kepariwisataan selama beberapa tahun belakangan. Khususnya dari pertumbuhan secara global, spending wisatawan mancanegara, spending wisatawan domestik (nusantara), dan investasi pemerintah.

Dalam daftar yang dikeluarkan, China, Amerika Serikat, dan India, menempati posisi tiga besar. Sedangkan Indonesia menempati peringkat ke-9. Hal yang membuat bangga, posisi ini terbaik diantara negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand yang berada di peringkat 12, Filipina dan Malaysia di peringkat 13, dan Singapura di peringkat 16, serta Vietnam di posisi 21.

“Memang negara-negara G20 mendominasi. Mereka menempati 12 negara di top 20. Kelebihan negara G20 adalah mereka menempatkan sektor pariwisata sama pentingnya dengan pasar dan pertumbuhan ekonomi global,” jelas Guevara.

WTTC sendiri turut membantu perkembangan industri travel dunia. WTTC turut mengadvokasi untuk mendapatkan kebijakan mengenai travel yang kuat, perencanaan yang proaktif dan sustainable, juga perbaikan infrastruktur.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik ranking yang dikeluarkan WTTC. Sebab, hal ini semakin memperkuat positioning pariwisata Indonesia sebagai core economy.

 

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*