Asian Para Games, Brand Positif Pariwisata Indonesia (Sumber: Kominfo)

Asian Para Games, Peluang Tingkatkan Brand Positif Pariwisata Indonesia

(Beritadaerah – Nasional) Opening Ceremony Asian Para Games berlangsung sukses di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (6/10) lalu. Kementerian Pariwisata menargetkan penyelenggaraan event ini diharapkan dapat memperkuat pariwisata di Indonesia, sehingga target kunjungan wisawatan tercapai.

Event yang digelar untuk kali ke-3 ini mengambil tema keberagaman dalam upacara pesta olahraga terbesar bagi paralympic Asia yang diselenggarakan mulai 6-13 Oktober 2018 tersebut.

Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada saat membuka Asian Para Games 2018, berharap agar Asian Para Games 2018 menjadi momentum untuk kemanusiaan khususnya di Asia.

“Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya bangga menyambut kehadiran tamu terhormat dari 43 negara,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pembukaannya.

Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah menyelenggarakan pesta olahraga terbesar di Asia untuk penyandang disabilitas. Dalam dua event sebelumnya, Asian Para Games digelar di China (2010) dan Korea Selatan (2014). Presiden Jokowi ingin merayakan persaudaraan, menunjukkan kegigihan dan prestasi, serta menjunjung tinggi kemanusiaan.

Sementara itu Ketua INAPGOC (Komite Organisasi Indonesia Asian Para Games Raja Sapta Oktohari mengatakan ada tema khusus yang diusung pada upacara pembukaan ini. “Indonesia adalah negara besar, dengan 17.000 pulau dengan 263 juta populasi, di mana 30 juta di antaranya merupakan penyandang disabilitas,” ujar Radja Sapta Oktohari dalam pidato sambutannya.

Dengan mengangkat tema The Inspiring Spirit and Energy of Asia, penyelenggaraan Asian Para Games kali ini diharapkan menjadi ajang para penyandang disabilitas untuk mengaktualisasikan semangat dan prestasi terbaik mereka di bidang olahraga.

“Kami lahir dari suku, agama, dan ras yang berbeda. Ada banyak lagi perbedaan lain, termasuk anggota keluarga besar bangsa kami yang berkebutuhan khusus,” ujar Radja Sapta Oktohari.

Asian Para Games di Jakarta, diikuti 2.888 atlet dan 1.826 officials dari 43 negara.  Event olahraga multicabang ini juga didukung 13.000 relawan yang akan melayani para atlet berkebutuhan khusus, serta diliput 1.151 jurnalis dari sejumlah negara.

 

Tri/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

About Agustinus Purba

Agustinus Purba is an Editor of beritadaerah.co.id and Partner in Business Advisory Services of Vibiz Consulting. He also working as Trainer at LEPMIDA. Moreover, he also experienced as Content Creator at marketing field through social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.