Golden Melon asal Lampung (Photo: Kominfo)

Golden Melon Asal Lampung Berkualitas Ekspor

(Beritadaerah – Lampung) Ada yang menarik dari Lampung, selain pisang dan kopi yang sudah lebih dahulu dikenal sebagai hasil pertanian daerah Lampung, kini mulai didapati petani-petani yang menghasilkan buah Golden Melon (Melon Kuning).

Petani Desa Way Areng, Kecamatan Mataram Baru, Kabupaten Lampung Timur ini misalnya, sedang bergairah dengan datangnya masa panen buah Golden Melon yang berkualitas ekspor.

Agus Efendi, sang petani ini menyatakan bahwa tanaman yang dia tanam di atas tanah seluas 750 meter persegi ini adalah bukan melon biasa, karena sangat jarang dibudidayakan di Lampung Timur bahkan di kawasan Lampung ini.

“Sebenarnya luas yang kami tanami hampir 1,5 hektar, yaitu terdiri dari buah jenis golden melon ini dan sisanya buah melon pada umumnya yang terdapat di pasaran,” kata Agus di sela sela istirahatnya.

Untuk menanam jenis golden melon tersebut dalam 3/4 hektarnya bisa ditanami 5400 bibit, dan perbatang bibitnya nanti hanya mampu memberikan 3 biji buah melon dengan rata rata berat 1,5 kg dan membutuhkan waktu sekitar 75 hari di mulai masa tanam hingga panen tiba. Khusus untuk tanaman Golden melon ini biaya yang harus dikeluarkan hingga awal sampai bisa merogoh modal hampir Rp100 juta.

Jenis buah melon seperti ini sangat langka ditanam orang, karena untuk menananmnya, selain membutuhkan modal yang sangat banyak, perawatannya pun tergolong sulit, karena harus di perlakukan sistem semi organik, juga sangat membutuhkan ketelitian, kejelian dari orang orang khusus yang sudah mengerti di bidangnya.

Namun kelebihannya resiko gagal panen sangat kecil, karena kemungkinan hama penyakit menyerang tanaman tersebut minim.

About Fadjar Dewanto

Partner in Business Advisory Vibiz Consulting, Advisor LEPMIDA (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah) who is active as editor and a columnist on Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*