Pemikiran Kreatif dan Digitalisasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

(Beritadaerah – Nasional) Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, ada dua elemen penting untuk pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri yakni pemikiran kreatif dan digitalisasi.

“Dua elemen penting untuk pertumbuhan ekonomi digital yakni creative thinking dan digitalization,” ujar Rudiantara di World Conference on Creative Economy (WCCE), Nusa Dua, Bali, Rabu (7/11).

Kedua faktor tersebut, sangat dibutuhkan untuk menopang pertumbuhan ekonomi digital yang pada saat ini gencar didorong oleh pemerintah. Apalagi ditengah kondisi Indonesia yang akan mengalami bonus demografi yang menyebabkan jumlah tenaga kerja produktif meningkat tajam.

“Dengan adanya bonus demograsi dan budaya digital yang kini tengah berkembang, kedua elemen ini merupakan kunci,” imbuhnya.

Rudiantara melanjutkan, Indonesia harus mampu mengimplementasikan kedua hal tersebut, jika tidak akan disaingi oleh pihak luar. Sehingga mengancam berkembangnya ekonomi digital yang diprediksi ekonomi digital Indonesia akan mencapai $130 miliar dolar Amerika Serikat pada tahun 2020 atau setara dengan 12 persen dari total PDB, ini akan menjadikan Indonesia negara dengan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Pemerintah perlu lebih dinamis dalam merancang regulasi, bertindak menjadi fasilitator, bahkan akseselator. Reformasi regulasi menjadi kebutuhan penting karena mampu memudahkan masyarakat digital untuk berkembang dan mendukung ekosistem ekonomi kreatif yang kondusif dan inklusif.

Reformasi regulasi ini perlu dilanjutkan dengan program-program yang dirancang untuk mendukung ekonomi digital, seperti Palapa Ring project, 1000 Start Up dan NextIcorn.

 

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*