Presiden Jokowi didampingi Seskab dan Menteri BUMN meresmikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3-4, di Gerbang Tol Tegal Timur, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11) siang. (Foto: Humas Setkab)

Sarana Jalan Merak-Surabaya Akan Tersambung Desember 2018

(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pejagan – Pemalang seksi 3 dan 4 Brebes Timur – Sewaka dan Jalan Tol Pemalang – Batang segmen Sewaka – Simpang Susun Pemalang, di Gerbang Tol Tegal Timur, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11) siang.

“Konektivitas antarpulau, konektivitas antarprovinsi, konektivitas antarkabupaten/kota, baik berupa pelabuhan, jalan, bandara, sudah semakin terintegrasi. Daerah demi daerah, wilayah demi wilayah, pulau demi pulau, mulai terhubung,” kata Presiden Jokowi.

Dengan semakin terhubungnya konektivitas tersebut, dalam empat tahun terakhir ini satu demi satu konektivitas di negara  Indonesia semakin terwujud. Presiden berharap keadilan sosial, pemerataan akan semakin nyata di seluruh pulau yang kita miliki. Distribusi barang dan jasa juga semakin lancar.

Presiden Jokowi menjelaskan, bahwa di Pulau Jawa ini dari 870 kilometer jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi, yang telah diselesaikan 640 kilometer. Sebentar lagi akan tersambung dari Merak sampai ke Surabaya di minggu kedua Desember.

“Ini yang kurang Pejagan-Pemalang, Batang-Semarang, Salatiga-Kertasura,” ucap Presiden.

Sedangkan untuk  Batang-Semarang, menurut Presiden Jokowi, akan selesai di Desember, Salatiga-Kertasura juga selesai di Desember, Sragen-Ngawi selesai di akhir November, dan  Nganjuk-Wilangan akan selesai di bulan Desember 2018.

“Akhirnya akan sambung Merak sampai di Surabaya di bulan Desember. Dan kita harapkan nantinya sampai di Probolinggo sampai Surabaya itu di akhir tahun ini juga sudah tersambung,” terang Presiden seraya menambahkan, tinggal dari Probolinggo ke Banyuwangi yang akan selesai di tahun 2019 yang akan datang.

Presiden berharap, pekerjaan yang dilakukan oleh Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR dalam membangun infrastruktur, khususnya jalan tol ini nantinya betul-betul bisa mempercepat distribusi barang dan jasa yang semakin lancar.

 

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo