Senja di Pantai Lasiana Kupang - NTT (Photo: Ferry Liu/ BD)

Pantai Lasiana, Salah Satu Wisata Pantai Unggulan Kota Kupang

(Beritadaerah – Kupang, NTT) Nusa Tenggara Timur khususnya Kupang dan sekitarnya memiliki berbagai obyek wisata yang terkenal, bahkan ada yang dikenal seantero dunia  seperti Pulau Komodo. Kota Kupang yang udaranya sangat panas dan kering ini memiliki beberapa lokasi jajaran pantai yang dapat dijadikan alternatif wisata, karena selain indah juga letaknya berada dekat pusat kota.

Salah pantai yang cukup dikenal oleh wisatawan nusantara adalah Pantai Lasiana yang berlokasi di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kupang Tengah,  Kupang, NTT. Pantai ini berjarak sekitar 12 km ke arah timur dari pusat Kota Kupang.  Pantai Lasiana mulai dibuka sebagai obyek wisata untuk umum pada tahu 1970-an. Kecantikan pantai berpasir putih ini antara lain dihiasi banyak sekali pohon kelapa dan ratusan pohon lontar yang berjajar di sepanjang hamparan pasir pantai. Deduran dan gulungan ombaknya yang tidak terlalu besar, menjadikan suasana di sekitar pantai terasa sejuk dan aman untuk bermain. Sebagaimana pantai-pantai di wilayah Indonesia Timur lainnya, pantai ini memiliki perpaduan warna pasir putih dan birunya laut, sungguh menambah kecantikan pemandangan di Pantai Lasiana ini.

Di pantai yang menjadi alternatif wisata andalan masyarakat Kupang ini, pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas, seperti berenang, memancing, bermain sepak bola, karaoke atau sekedar bermain air di pantainya.

Suasana sore hari tak kalah keindahannya, temaramnya langit melukiskan warna keemasan dipadu dengan kilauan sisa cahaya matahari melukiskan siluet yang sangat cantik. Para pengunjung dimanjakan dengan kesempatan mengambil foto-foto yang instagramable.

Fasilitas yang tersedia

Pemerintah daerah setempat telah melengkapi Pantai Lasiana dengan beberapa fasilitas penunjang untuk para pengunjung seperti area parkir, MCK, kolam renang, panggung hiburan rakyat, arena bermain anak, juga berbagai kios-kios serta kafe, warung makan, bahkan homestay.

Jika Anda berkunjung silakan menikmati es kelapa muda, jagung bakar dan pisang epe bakar yang sangat nikmat , sambil menikmati suasana Pantai Lasiana. Pada hari libur maka sekitar pantai akan dipenuhi para pedagang yang berjualan.

Akses menuju lokasi

Akses menuju lokasi Pantai Lasiana sangat mudah, hanya berjarak hanya sekitar 12 km dari Kupang, hanya memerlukan waktu tempuh dari Kupang ke Pantai Lasiana sekitar 15 menit dengan kondisi jalan yang sudah bagus.

Anda dapat menggunakan sarana angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Karena berada di lokasi  jalur transportasi utama Pulau Timor, maka pantai Lasiana ini dilewati oleh angkutan umum dan ojek setiap saat.

Ongkos  angkutan umum untuk jenis kendaraan colt, hanya perlu membayar sekitar 5.000 rupiah. Bagi pengunjung di luar Kota Kupang juga dapat menggunakan jasa ojek atau  menyewa kendaraan di Kupang sebelumnya.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Pengunjung dipungut tiket masuk hanya sebesar Rp. 5.000 rupiah per-orangn dan biaya tambahan untuk parkir 1.000 rupiah untuk sepeda motor dan 3.000 rupiah untuk mobil/ roda empat.

Anda tak sabar ingin mengunjungi pantai ini? Manfaatkan liburan akhir tahun ini dengan berwisata bersama keluarga ke Pantai Lasiana dan obyek wisata sekitarnya.

Photo: Ferry Liu/ BD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*