Pulau Bintan di Kepulauan Riau (Photo: Kominfo)

Pulau Bintan Targetkan Capai 700 Ribu Wisman di 2019

(Beritadaerah – Kepri) Salah satu bagian provinsi Kepulauan Riau yang memiliki keindahan alam luar biasa adalah Pulau Bintan. Pemerintah setempat terus menggenjot pertumbuhan sektor pariwisata dan  dengan optimis menargetkan kunjungan 700 ribu Wisatawan Mancanegara (Wisman) pada tahun 2019.

Pulau Bintan memeiliki beberapa lokasi wisata andalan seperti  Lagoi dan pantai Lagoi-nya yang merupakan kawasan wisata terpadu dan eksklusif . Pantai dan resort di daerah ini sudah bertaraf internasional, dengan lokasi hanya sekitar 60 menit dari kota Tanjungpinang. Kawasan ini sangat dikenal oleh para wisatawan mancanegara, teruma wisatawan dari Singapura.

Lokasi wisata lainnya seperti pulau Penyengat, pulau Senggarang, pantai Mangrove dan lokasi lainnya juga merupakan destinasi wisata yang menarik.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam dalam acara penyambutan wisatawan perdana 2019, di Pelabuhan Ferry Bintan, Selasa (1/1), mengatakan bahwa pemerintah daerah optimis pariwisata Bintan semakin berkibar. Terlebih, ada tiga kegiatan yang masuk dalam Calender of Event (CoE) Kemenpar 2019, yaitu  Bintan Triathlon yang masuk kategori Top 10, Tour de Bintan, dan IronMan 70.3 Bintan, yang berada di Top 100 CoE 2019.

Dalmasri juga mengatakan bahwa tugas memajukan pariwisata Bintan ini bukan hanya tugas Dinas Pariwisata. Tetapi perlu sinergi dari para pelaku pariwisata, termasuk seluruh masyarakat dan unsur penthahelix.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Boeralimar menyatakan, Bintan merupakan salah satu lumbung pendulang Wisman bagi Kepulauan Riau. Karena dari enam event yang masuk dalam CoE Kemenpar tahun 2019, tiga diantaranya berada di Bintan. Target 700 ribu wisman ke Bintan sangat berarti untuk menopang target kunjungan 4 juta wisman ke Kepulauan Riau sepanjang 2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mempertegas tahun ini pihaknya akan meningkatkan potensi pariwisata di lokasi perbatasan (crossborder tourism). Salah satu daerah prioritas adalah Kepulauan Riau. Menurutnya, ini sebagai upaya mencapai target kunjungan 20 juta wisman dan 275 juta wisnus di tahun 2019.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Joshua Agus Purba
Source : berbagai sumber

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.