Ilustrasi: Suasana pedesaan di Ubud Bali (Photo: Indiah DP/ Vibizmedia.com)

Denpasar-Bali, Masuk 10 Besar Healthiest Cities di Dunia

(Beritadaerah – Bali) Data yang dipublikasikan oleh  travelsupermarket.com menunjukkan bahwa Kota Denpasar masuk dalam 10 besar Healthiest Cities dunia 2019 dengan mengumpulkan 24,69 poin. Denpasar ternyata lebih sehat dari Kota Buenos Aires (Argentina), Copenhagen (Denmark), dan Milan (Italia). Juga lebih sehat dibandingkan dengan Washinton DC, New York, dan Las Vegas, di Amerika Serikat.

Bali semakin layak sebagai destinasi utama pariwisata dunia. Terlebih setelah baru-baru ini, Denpasar masuk dalam 10 besar Healthiest Cities dunia 2019. Status ini mengacu kepada penilaian Travel Supermarket.

Peringkat Healthiest Cities ini didasarkan kepada 8 aspek, yakni spa, gym & fitness centres, yoga & pilate centres, hingga health food shops. Ada juga aspek vegan option restaurants, parks (green space), average sunlight hours, juga cost of night stay.

Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa mengungkapkan status Healthiest Cities yang diterima Denpasar sangat vital. Sebab, ini menegaskan status Bali sebagai kota ternyaman. Sebagai destinasi dunia, Denpasar dan Bali sangat layak dikunjungi.

Denpasar juga dinilai sebagai kota penuh petualangan, ada arung jeram, trekking, sunrise, dan banyak aktivitas lainnya. Selain itu, Denpasar dan Bali menjadi spot terbaik untuk bersantai karena ada lebih dari 118 spa terbaik. Denpasar pun punya 9 fasilitas gym & fitness centres, lalu 14 lokasi yoga & pilate centres berkualitas.

Status 10 besar Healthiest Cities Denpasar, juga dilengkapi 1.123 vegan option restaurants. Ada juga 4 taman (ruang terbuka hijau). Untuk cost of night stay rata-rata sekitar 25 Poundsterling. Informasi ini lalu dirangkum oleh travelsupermarket.com. Acuan pasokan datanya berasal dari TripAdvisor, Yelp, Euromonitor International, juga World Weather and Climate.

“Data yang digunakan pasti memiliki kapabilitas tinggi. Menggambarkan kondisi riil dari kota-kota itu. Dan, Denpasar ini memang memiliki fasilitas lengkap. Sesuasi dengan kebutuhan para wisatawan dunia. Secara kualitas juga luar biasa. Dengan pengakuan dari travelsupermarket.com ini, arus masuk wisman akan semakin besar,” jelas Rizki Handayani Mustafa.

Mengacu travelsupermarket.com, status vegan option restaurants Denpasar berada di urutan 3 dunia. Untuk cost of night stay sangat ramah dan ada di strip 4 dunia. Khusus spa Denpasar berada di urutan 6, lalu yoga & pilate centres pada grid 8. Fasilitas gym & fitness centres berada di level 11 dunia. Kiki pun menambahkan, Denpasar menjadi kota yang nyaman bagi wisatawan.

Denpasar tetap pilihan favorit wisatawan. Dari rentang Januari-September 2018, arus wisman mencapai 4,61 Juta orang. Angka ini naik 1,32 persen dari rentang bulan sama di tahun sebelumnya. Sepanjang Januari-September 2017, arus masuk wisman mencapai 4,55 Juta.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Agustinus Purba

About Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.