Akses Jalan Terbuka, Kawasan Wisata Mandeh Sumatera Barat Menjadi Destinasi Sport Tourism

(Beritadaerah – Sumatera Barat) Jalan akses sepanjang 41,08 Km menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wisata Mandeh yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat telah rampung pada akhir tahun 2018. Kawasan wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) akan menjadi destinasi wisata sport tourism unggulan Sumatera Barat.

Jika sebelumnya untuk menuju kawasan wisata ini menggunakan kapal karena kondisi jalan yang sempit dan berbukit. Kini waktu tempuh ke kawasan tersebut dari Kota Padang hanya sekitar 1-1,5 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat. Kawasan wisata Mandeh menampilkan keindahan alam berupa pantai, bukit, dan kuliner serta budaya dan keramahtamahan masyarakatnya.

“Sumbar sudah lama memiliki event lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) yang melintasi hampir ke seluruh kota dan kabupaten. Kini Sumbar memiliki Mandeh sebagai destinasi sport tourism yang akan mengawali dengan event lomba lari Mandeh BRI Mandeh Run 2019,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Senin (14/1).

Hal tersebut disampaikan Menpar Arief dalam acara press conference BRI Mandeh Run 2019 di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (14/1), yang didampingi oleh Andrinof A. Chaniago, tokoh penggerak Kawasan Wisata Mandeh yang juga Komisaris Utama Bank BRI, serta Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan BRI Mandeh Run 2019 dalam rangka mempromosikan Mandeh yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan mengandalkan wisata bahari sebagai atraksi unggulannya.

Nantinya dalam Lomba ini akan diikuti 2.000 peserta, 100 peserta di antaranya atlet mancanegara yang juga sebagai endorser akan memiliki media value tinggi dan menjadi ajang promosi yang sangat efektif.

Sementara itu Andrinof A Chaniago mengatakan, penyelenggaraan BRI Mandeh Run 2019 yang diiniasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) bekerjasama dengan Karambia Runners dan BRI Runners serta didukung oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sebagai upaya  mempromosikan keindahan Mandeh.

Kawasan wisata Mandeh yang menyuguhkan gugusan pulau membentang melingkar seluas 18 ribu hektare di Teluk Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan, menurut Bupati Hendra Joni, merupakan kawasan wisata bahari terpadu yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juli 2015 lalu.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor : Agustinus Purba

 

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*