Pantai Penyusuk di Pulau Bangka (Photo: Handi Fu/ BD)

Hamparan Pasir Putih dan Batu Granit di Pantai Penyusuk – Bangka

Pantai-pantai di Pulau Bangka tidak kalah indah dengan pantai yang ada di daerah lain. Salah satu pantai yang menjadi lokasi favorit bagi wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Bangka adalah Pantai Penyusuk.

Pantai ini lokasinya cukup jauh dari Kota Pangkal Pinang yakni berada di Kecamatan Belinyu, Pulau Bangka. Jika pengunjung menggunakan kendaraan roda empat menuju kesana memakan waktu kurang lebih 2 jam 30 menit untuk tiba di Pantai Penyusuk. Jarak tempuh sekitar 108 km dari kota  Pangkal Pinang dan berada di utara Pulau Bangka. Untuk menuju kesana, pengunjung dapat menggambil rute Kota Sungailiat dan Kota Belinyu. Alternatif lain juga bisa melewati Kota Sangku, Kota Silip dan Kota Belinyu.

Sesampai di Pantai Penyusuk, mata kita akan melihat hamparan pasir putih dengan berbatuan dan sejumlah rumah kayu yang ada di tepi pantai.

Pantai Penyusuk menyimpan keindahan pantai alami dan desiran ombak lautnya memberikan sebuah kedamaian. Begitulah suasana yang dapat kita temui di pantai ini.

Pantai-pantai di Pulau Bangka dan Belitung memberikan ciri khas tersendiri dibanding pantai lain, yakni batu-batu granit yang besar dan bertumpuk satu dengan yang lain. Batu granit yang besar ini kita dapat temukan di Pantai Penyusuk. Selain itu pengunjung juga disajikan pemandangan perpaduan pasir pantai yang halus dan putih di Pantai Penyusuk.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dapat melanjutkan wisata ke Pulau Putri, pulau kecil yang ada di depan Pantai Penyusuk. Dengan menggunakan perahu nelayan sekitar 15 menit. Di Pulau Putri wisatawan dapat melihat keindahaan bawah lautnya dengan snorkeling atau menyelam, memancing dan menikmati wisata air lainnya.

Artikel: Handi Fu/BD

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute) and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.