Kali Besar di Kawasan Kota Tua, Jakarta (Photo: Handy Fu/ BD)

Persiapan Keuangan Dalam Menjalankan Bisnis

Hal yang Anda perlukan ketika hendak memulai suatu bisnis adalah melakukan beberapa persiapan khususnya dalam hal persiapan keuangan. Tentulah akan ada risiko yang harus dipertimbangkan ketika Anda memulai suatu bisnis sendiri. Ketika Anda terjun menjadi pengusaha tanpa membuat anggaran atau menabung untuk biaya darurat maka itu bisa menjadi masalah besar bagi Anda.

Berikut adalah persiapan keuangan yang perlu Anda lakukan dalam memulai suatu bisnis :

1. Memiliki Dana Ekstra.
Jika Anda memulai bisnis Anda sendiri, Anda perlu memiliki sedikit uang ekstra di bank. Sangat disarankan untuk menyimpan dana darurat sebesar setidaknya enam bulan biaya hidup yang basic.
Sebagai pemilik bisnis, penghasilan Anda biasanya tidak stabil. Sebuah dana darurat dapat membantu Anda melalui bulan bulan dimana penghasilan Anda tidak setinggi biasanya. Dengan cara ini Anda masih dapat fokus pada bisnis dan tidak menjadi stres.

2. Memiliki rekening yang terpisah antara uang bisnis dan uang pribadi.
Terlepas dari jenis bisnis yang Anda miliki (apakah Anda seorang pemilik tunggal atau berpartner dengan orang lain), Anda perlu rekening bank yang terpisah untuk bisnis dan untuk dana pribadi.
Memiliki beberapa account akan membuat pengaturan pajak jauh lebih mudah. Hanya dengan mengingat biaya di sepanjang tahun akan menjadi sulit. Tapi dengan rekening terpisah, hal itu otomatis sudah terselesaikan. Dengan adanya rekening terpisah, sangat memungkinkan untuk benar-benar menganalisis pengeluaran kita. Dan ketika pendapatan menurun drastis, memudahkan kita dalam memutuskan apa yang harus dipotong.

3. Cadangkan uang untuk pajak.
Ketika bekerja di perusahaan biasanya pajak diotong dari gaji Anda, mungkin Anda tidak menyadari berapa pajak yang Anda sudah bayar. Tapi ketika Anda memulai bisnis maka semuanya berubah.
Sebagai pemilik bisnis Anda harus membayar pajak penghasilan dan juga PPN jika nanti Anda menjadi PKP, serta konsekwensi pajak lainnya yang harus Anda perhitungkan. Dan ini adalah area yang memang harus disediakan dananya setiap bulannya juga tahunannya. Kalau memang diperlukan bisa menggunakan jasa konsultan pajak untuk awalnya. Selain itu mempelajari regulasi pajak yang paling update. Cadangkan secara periodik jumlah pajak yang lebih besar dari perhitungan yang kita lakukan.

Jadi, ketika Anda memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan anda dan memulai suatu bisnis, perlu Anda pikirkan dahulu langkah langkah di atas. Pastikan anda datang ke bank Anda dan membuka rekening baru untuk bisnis Anda; mengatur penarikan otomatis ke rekening tabungan untuk biaya hidup. Karena tanpa persiapan hal ini bisa berantakan dalam sekejap mata. Tetapi sebaliknya ketika ini sungguh sungguh dipersiapkan dengan baik maka tentunya dapat memberikan hasil yang menakjubkan. Pastikan melakukan semua persiapan keuangan ini sebelum Anda menjadi pengusaha.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*