Wisata Banyuwangi Menjadi Daya Tarik Bagi Agen Wisata Malaysia

(Beritadaerah-Banyuwangi) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi terus gencar untuk mempromosikan sejumlah destinasi wisatanya kepada wisatawan mancanegara (wisman). Malaysia menjadi salah satu negara yang menjadi target kunjungan wisman ke daerah ini.

Acara yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (RI), dengan mengelar Product Briefing & Business Matching Banyuwangi Destination yang mengundang agen travel dan media travel Malaysia dengan tujuan menggaet wisatawan dari negara jiran tersebut. Sejumlah destinasi wisata di Banyuwangi ditawarkan dalam acara ini seperti Kawah Ijen, perkebunan Kalibaru, Pantai Pulau Merah, Air Terjun Jagir, Taman Nasional Alas Purwo dan Bangsring Under Water.

“Ajang ini cara mengenalkan Banyuwangi kepada pelaku usaha wisata Malaysia. Kita pertemukan mereka dengan pelaku usaha Banyuwangi dan juga kita ajak mereka merasakan langsung berwisata ke Banyuwangi, sehingga nantinya mereka bisa mengajak wisatawan untuk ke Banyuwangi,” ujar Abdullah Azwar Anas, Bupati Kabupaten Banyuwangi yang dikutip laman Banyuwangikab, Selasa (16/1).

Anas mengatakan program ini adalah tindak lanjut dari promosi paket wisata program Wonderful Banyuwangi Hot Deals yang didukung penuh oleh Kemenpar. Paket ini diluncurkan sebagai bagian untuk mendongkrak kunjungan wisman ke Banyuwangi, khususnya saat low season seperti bulan Januari ini.

Acara Product Briefing & Business Matching Banyuwangi Destination yang dimulai pada hari Senin (14/1) dan berlangsung selama 6 hari yang diikuti oleh 36 pelaku usaha wisata, terdiri atas 16 seller dari Banyuwangi dan 20 agen travel besar dari Malaysia. Seller dari Banyuwangi antara lain dari hotel, tour operator, pusat oleh-oleh, restoran.

Dalam Wonderful Hot Deals ini, wisatawan cukup membayar 995 MYR (Ringgit Malaysia) atau berkisar Rp 3,4 juta untuk paket wisata ke Banyuwangi, termasuk tiket pp Kuala Lumpur-Banyuwangi oleh Citilink, menginap dua malam di hotel berbintang di Banyuwangi, transportasi lokal, menikmati sejumlah destinasi wisata, hingga berkuliner. Para agen travel ini tampak antusias dengan promosi yang ditawarkan Banyuwangi bagi wisatawan asing.

Menurut Ramsey yang merupakan Manajer Operasional OTDIX Travel & Tours SDN BHD, Malaysia mengatakan salah satu yang menjadi daya tarik wisata di Banyuwangi adalah daerah ini kaya akan kearifan lokal.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata MY Bramuda, mengatakan untuk menggaet wisatawan Malaysia pihaknya juga mengagendakan kegiatan promosi lainnya, seperti famtrip untuk pelaku wisata. Pemkab Banyuwangi juga melakukan Banyuwangi Wonderful Hotdeals yang berlangsung hingga 31 Maret 2019.

Artikel : Handi/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Source : pemkabbanyuwangi

About Agustinus Purba

Agustinus Purba is an Editor of beritadaerah.co.id and Partner in Business Advisory Services of Vibiz Consulting. He also working as Trainer at LEPMIDA. Moreover, he also experienced as Content Creator at marketing field through social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.