Ilustrasi: Pesawat Garuda Indonesia (Sumber: Kominfo)

Kemenhub Upayakan Tarif Angkutan Transportasi Tidak Naik Signifikan

(Beritadaerah – Nasional) Dalam sebuah acara penyampaian aspirasi oleh warga yang berada di kawasan Grogol Utara, Jakarta Selatan (19/1), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi,  mendengarkan beberapa aspirasi dari masyarakat setempat terkait tarif angkutan transportasi yang beberapa waktu ini mengalami kenaikan.

Warga mengungkapkan hal tersebut dan Menhub menanggapi bahwa beliau memang ditugaskan untuk menangkap aspirasi masyarakat, berkaitan dengan tarif, berkaitan dengan kemudahan-kemudahan angkutan transportasi. Oleh karenanya terhadap pertanyaan-pertanyaan yang disapaikan jelas bertujuan supaya tarif-tarif itu sebaiknya jangan ada kenaikan.

Menanggapi hal ini, Menhub menyampaikan bahwa dirinya beserta jajaran Kementerian Perhubungan terus berupaya agar tarif tidak mengalami peningkatan yang signifikan dan masih dalam batas daya beli masyarakat.

“Arahan Pak Presiden, tarif-tarif itu sedapat mungkin tidak naik karena daya beli masyarakat terbatas. Kalau di kota-kota sepanjang utara Pulau Jawa yang dilalui kereta api kita dapat mengandalkan tarif-tarif yang ada sekarang. Tapi kalau berkaitan dengan internasional, tentunya pesawat kita upayakan agar tarif-tarif itu dalam suatu jangkauan atau kenaikan yang bijaksana,” ungkapnya.

Diharapkan paling tidak jika tarif angkutan transportasi terjangkau dan masih masuk dalam daya beli masyarakat, hal ini dapat terus memicu kegiatan ekonomi lain seperti perdagangan dan pariwisata untuk semakin berkembang.

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*