RI Dapat Apresiasi Atas Komitmen Iklim Investasi Kondusif (Photo: Dok Kominfo)

Airlangga: RI Dapat Apresiasi Karena Iklim Investasi Kondusif

(Beritadaerah – Nasional ) Satu lagi prestasi Pemerintah Indonesia era Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tahun 2019: Sejumlah pelaku industri skala global memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang telah bertekad menciptakan iklim investasi yang kondusif dan memberikan kemudahan izin usaha.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan hal  tersebut ketika melakukan sejumlah pertemuan dengan pemimpin perusahaan internasional dalam rangkaian acara 2019 World Economic Forum Annual Meeting di Davos, Swiss. “Apresiasi itu mereka sampaikan karena selama ini sudah diberikan kesempatan dan kemudahan untuk lebih bisa mengembangkan usahanya,” kata Menperin dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat (25/1).

Para Pemimpin perusahaan internasional tersebut antara lain adalah CEO The Coca-Cola Company James Quincey, VP of Environment, Policy and Social Initiatives Apple Lisa Jackson, serta CEO SF Motors John Zang. Ketiganya berkomitmen untuk terus menjalankan bisnisnya dan menargetkan bisa segera menambah investasi di Indonesia.

The Coca-Cola Company ingin melakukan lebih banyak diversifikasi produk, salah satu yang mereka lihat sangat potensial di Indonesia adalah minuman kopi. Melalui PT Coca-Cola Amatil Indonesia,  The Coca-Cola Company akan terus mendukung program ekonomi berkelanjutan, khususnya  di sektor green industry, seperti mendorong penggunaan recycle plastik untuk kemasan botol.

Hingga saat ini, PT Coca-Cola Amatil Indonesia telah menyerap tenaga kerja lebih dari 11 ribu orang, dengan nilai investasi selama lima tahun (2012-2017) mencapai USD445 juta. Perusahaan ini juga berencana meningkatkan investasinya hingga USD300 juta sampai tahun 2020.

Sementara itu, pihak Apple telah membina 200 peserta untuk mengikuti program pendidikan pengembangan aplikasi berbasis sistem operasi iOS selama satu tahun di BSD Tangerang. Selain di desain untuk mencetak talenta pengembang aplikasi berbasis sistem operasi iOS, Apple Developer Academy juga turut membangun ekosistem industri aplikasi iOS di Indonesia.

Sedangkan dengan SF Motors selaku anak perusahaan Chongqing Sokon Industry Group yang juga induk Sokonindo Automobile, Airlangga menyampaikan, mereka melaporkan keinginannya untuk mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia. Selain itu, berkomitmen agar pabriknya di Indonesia menjadi salah satu hub untuk rantai pasok produksi mereka.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Agustinus Purba

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.