Presiden Jokowi meninjau Gerakan Musim Tanam di Garut, Jawa Barat (Photo: Kominfo)

Jokowi Membangun Jawa Barat

(Beritadaerah-kolom) Jawa Barat terkenal dengan nyanyian Manuk Dadali atau Burung Garuda, saya sering menyanyikan lagu ini waktu kecil, saat keliling beberapa daerah kabupaten kota jadi teringat kembali lagu yang penuh semangat ini, lirik lengkapnya menggambarkan semangat untuk Jawa Barat menjadi maju. Manuk dadali manuk panggagahna, Perlambang sakti Indonesia Jaya – Burung Garuda, burung paling gagah lambang sakti Indonesia jaya. Bagian lagu ini bercerita tentang keyakinan bahwa Burung Garuda lambang Indonesia yang didadanya terukir Pancasila akan membawa Indonesia jaya. Melalui semboyannya kerja!kerja!kerja! Jokowi mencerminkan semangat Manuk Dadali dalam berbagai kemajuan Jawa Barat.

Inilah yang terjadi sekarang ini pada Jawa Barat, dengan semangat Manuk Dadali menuai keunggulan menuju Indonesia maju. Mampir di Tasikmalaya saya sempat mampir membeli manggis, harganya sangat murah, dan banyak harga-harga kebutuhan pokok yang lain. Rupanya pengalaman ini sejalan dengan apa yang ditemukan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tasikmalaya. Masuk tahun 2019 Tasikmalaya berhasil menekan angka inflasi hingga 2,3 persen, dan akan terus mempertahankannya.

Angka inflasi ini terendah di Jawa Barat, bahkan dibandingkan kota dan kabupaten di seluruh Jawa. Menurut TPID Jawa Barat angka ini merupakan angka terendah dalam sejarah berdirinya kota Tasikmalaya baru kali ini meraih angka inflasi serendah itu. Rendahnya inflasi ini berhubungan dengan meningkatnya kemampuan daya beli masyarakat yang patut dijaga sesuai pertumbuhan ekonomi Jawa Barat yang sudah bagus.

Mungkin kita sering melihat sawah di daerah Jawa Barat, khususnya saat melewati Garut saya lihat sawah-sawah terpelihara dengan baik, dan masih dipertahankan sebagai sumber pangan bagi masyarakat Indonesia. Jawa Barat memang merupakan salah satu daerah lumbung padi nasional, namun sempat mengalami alih fungsi lahan karena berbagai alasan. Melihat kondisi ini Garut berbenah dengan program cetak sawah baru yang tahun 2018 telah berhasil dilakukan pada 11 hektar lahan. Tahun 2019 pemerintah kabupaten Garut sudah mengajukan kembali program cetak sawah baru, dan hal ini mendukung rencana untuk swasembada pangan.

Kemajuan Jawa Barat yang terasa terlihat juga ada pada Kabupaten Ciamis, di gerbang kabupaten tertulis “Selamat Datang Di Ciamis Manis.” Salah satu yang membuat Ciamis menjadi daerah yang manis adalah kabupatennya yang bersih, Ciamis mendapatkan penghargaan Adipura Kencana selama delapan kali berturut-turut karena kebersihannya, pengelolaan sampah dan juga penataan hutan kota yang cukup banyak, sehingga daerah ini memang menjadi daerah yang manis untuk dikunjungi.

Bandung juga menyumbangkan kemajuan Jawa Barat melalui tingginya tingkat hunian kamar hotel, sampai malam hari Bandung penuh dengan wisatawan yang menjadi pemasukan bagi Bandung dan pertumbuhan ekonomi rakyat. Berbagai sisi kemajuan Jawa Barat pada masa Jokowi ini membuat Jawa Barat mengalami pertumbuhan ekonomi hingga diatas 5 persen sampai akhir 2018. Jokowi mencanangkan bagi Jawa Barat berbagai pembangunan infrastruktur yang akan menumbuhkan bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan sebagai bagian dari kerja keras Indonesia bersama Jokowi.

About Fadjar Dewanto

Partner in Business Advisory Vibiz Consulting, Advisor LEPMIDA (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah) who is active as editor and a columnist on Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.