Menpar Ingin Jadikan Jakabaring Sport City Menjadi Wisata Olahraga Unggulan

(Beritadaerah – Palembang) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah sukses menjadi tuan rumah ajang olahraga dari nasional, regional, hingga internasional di antaranya Sea Games 2011, Asian Games 2018, Musi Triboatton, Turnamen Sepak Bola Internasional, Beach Volley se Asia Pacific, Asian Triathlon 2017. Melihat sejumlah prestasi tersebut, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya ingin menjadikan kawasan Jakabaring Palembang sebagai destinasi wisata olahraga unggulan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (6/2), Menpar Arief Yahya mengatakan, Kawasan Jakabaring Sport City (JSC) memiliki sarana yang lengkap sehingga bisa dijadikan bukan sekadar tempat olahraga namun sekaligus tempat wisata olahraga unggulan di Sumsel.

“Kawasan olahraga Jakabaring Palembang ini satu-satunya tempat olahraga yang terintegrasi sehingga layak menjadi destinasi wisata olahraga unggulan di Indonesia,” ujar Menpar dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Rabu (6/2) malam.

Sebagai langkah awal untuk menjadikan Kawasan Jakabaring sebagai destinasi wisata olahraga unggulan, Arief Yahya meminta agar Provinsi Sumsel rutin menggelar event pertandingan olahraga untuk skala nasional maupun internasional. Dalam kunjungannya di kawasan Jakabaring, Menpar Arief Yahya didampingi Direktur Utama Jakabaring Sport City (JSC) Meina Fatriani Paloh.

Menpar Arief Yahya juga meminta pengelola JSC segera melakukan kajian tolak ukur dari negara tetangga yang sama-sama memiliki kawasan olahraga terintegrasi (sport city multi venues-multi events). Beberapa kota yang telah mengembangkannya yakni Melbourne, Australia, yang memiliki kawasan “venue” olahraga di tepi Sungai Yara, sebagai tempat berkumpulnya semua lapangan olahraga serta pusat pelatihan atlet terpadu.

Menpar Arief juga menyebut, kegiatan olahraga berskala internasional ternyata mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. Ia sekaligus meminta masyarakat untuk memanfaatkan kegiatan olahraga internasional yang dilaksanakan di Sumsel sebagai ajang untuk mempromosikan produk unggulan daerah. Ditambahkan oleh Menpar bahwa konsep wisata olahraga merupakan ide cemerlang untuk menggali potensi pariwisata. Terlebih bila diikuti dengan digital. Bisnis sekarang dengan ‘value’ terbesar adalah bisnis digital.

Sementara itu Direktur Utama Jakabaring Sport City (JSC) Meina Fatriani Paloh pada kesempatan yang sama berharap JSC sebagai kawasan pariwisata berkonsep Sport City dan MICE mendapat dukungan kebijakan serta sumber daya manusia (SDM).

Handi Fu/Journalist/BD
Editor : Handi Fu

 

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.