Menikmati Pesona Air Terjun Tujuh Tingkat di Nusa Tenggara Timur

Di Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ada air terjun yang mempesona pengunjungnya. Air terjun ini memang memiliki keunikan tersendiri, dibandingkan dengan air terjun lainnya. Umumnya air terjun memiliki satu tingkat tapi Air Terjun Oehala memiliki tujuh tingkat.

Air Terjun Oehala berada sekitar 11 kilometer dari Kota SoE, ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan. Bila dari Kota Kupang jaraknya mencapai 110 kilometer dengan waktu tempuh mencapai 3 jam perjalanan.

Untuk mencapainya pengujung dapat menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua menuju jalan utama di Kecamatan Mollo Selatan, dengan kondisi jalan sangat mulus. Setelah itu pengunjung akan menemukan papan penunjuk menuju lokasi dengan melewati jalan kecil sepanjang 3 kilometer menuju Air Terjun Oehala.

Untuk memasuki kawasan ini setiap pengunjung dikenakan biaya masuk yang murah. Bila musim liburan tiba, banyak warga beramai-ramai mengajak keluarga dan kerabat untuk menikmati indahnya aliran Air Terjun Oehala. Pihak pengelola wisata air terjun ini menyediakan tempat istirahat bernama Lopo yang merupakan rumah adat khas Timor beratapkan daun jerami. Fasilitas lain yang tersedia yakni kamar mandi dan toilet.

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dengan menuruni anak tangga yang tinggi dan cukup banyak. Saat menuruni anak tangga pengunjung harus berhati-hati dengan berpegangan pagar. Sepanjang menuruni anak tangga, pengunjung disungguhi oleh pemandangan alam berupa pepohonan yang lebat dan bebatuan yang unik.

Aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung dilokasi ini umumnya bermain air, mandi atau berfoto-foto. Dinginnya air yang mengalir dan panorama pohon-pohon besar memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung untuk menikmati pesona Air Terjun Oehala.

Image : Hanes

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).