Menpar Resmikan Destinasi Digital Pasar Menoreh di Purworejo, Jawa Tengah

(Beritadaerah – Jawa) Beberapa daerah di Provinsi Jawa Tengah memiliki sejumlah destinasi yang sedang dikembangkan, guna menarik kunjungan wisatawan. Salah satu kabupaten yang terus mengembangkan daerah tujuan wisatanya adalah Purworejo. Dalam kunjungannya ke Kabupaten Purworejo, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meresmikan Destinasi Digital, Pasar Menoreh di kawasan Bukit Menoreh, Desa Sedayu, Kecamatan Lowano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (14/2).

“Pasar Digital Menoreh ini merupakan perwujudan dari atraksi sekaligus ikut mempopulerkan keberadaan glamcamp yang jaraknya hanya 20 menit dari Pasar Digital Menoreh,” kata Arief Yahya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (14/2).

Pasar Digital Menoreh terletak di titik shelter utara dari pengembangan pariwisata yang saat ini masih terus dalam proses pembangunan sehingga aksesibilitas masih belum sepenuhnya memadai. Kawasan wisata Bukit Menoreh memang memiliki banyak keajaiban termasuk keindahan alam dan kini sedang dikembangkan.

Menpar Arief menilai, keajaiban di Bukit Menoreh akan semakin bisa dirasakan jika fasilitas pendukung semakin ditingkatkan termasuk dari sisi layanan dan kesiapan masyarakat setempat.

Ditambahkan juga oleh Menpar bahwa perlu dilakukan penguatan kapasitas SDM setempat. Oleh karena itu, seiring dengan komitmen awal sebelum Badan Otorita Borobudur (BOB) dibentuk, ia meminta ke pihak BOB agar terlebih dahulu membangun masyarakat di sekitar kawasan termasuk wilayah Menoreh.

Sementara itu Lurah Pasar Digital Menoreh Riyanto Purnomo menegaskan, sebelum ada pasar tersebut telah ada pasar Inis yang sudah berjalan sembilan bulan dengan omset Rp 35 juta. Pasar tersebut kemudian dikembangkan menjadi Pasar Digital Menoreh yang kemudian diresmikan hari ini dan lolos menjadi satu dari 10 pasar digital yang terkurasi dan terealisasi di tingkat nasional.

Sedangkan Bupati Purworejo menyatakan Pasar Digital Menoreh ini di inisiasi oleh Gerakan Pesona Indonesia (GenPi) dan Badan Otorita Borobudur (BOB). Untuk itu, ia berharap kegiatan hari ini dapat menginspirasi dan menjadi pemantik daerah lain untuk mengembangkan destinasi-destinasi sehingga semakin banyak pilihan destinasi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Saat ini Kabupaten Purworejo sedang mengembangkan tiga mega proyek pariwisata. Pertama adalah infrastruktur pendukung untuk New International Yogyakarta Airport, yang akan membawa dampak besar bagi perkembangan pariwisata Purworejo. Yang kedua, Badan Otorita Borobudur terus mengembangkan kawasan sehingga dapat masuk wilayah Kabupaten Purworejo. Dan terakhir pembangunan Waduk Bener yang akan menjadi satu kawasan pariwisata yang besar.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor : Handi Fu

 

 

 

 

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.