Mengenal Visi Misi Calon Presiden dalam Debat Kedua Capres Pemilu 2019

Segmen pertama acara Debat Calon Presiden Kedua pada hari ini Minggu (17/02) adalah penyampaian visi dan misi dari kedua calon presiden.

Penyampaian visi dan misi 01 Joko Widodo INDONESIA MAJU

ENERGI

Mengurangi sebanyak-banyaknya energi fosil, sehingga pemakaian biodesel, pemakaian green fuel akan dikerjakan. Sudah dimulai dengan melakukan produksi B20 dan akan diteruskan hingga ke B100, sehingga ketergantungan akan energi fosil dikurangi dari tahun ke tahun.

INFRASTRUKTUR

Menggelontorkan dana desa untuk infrastruktur Dalam 3 tahun telah digelontorkan 187 trilyun dana ke desa-desa, apa yang telah didapatkan:
– Telah dibangun 191.000 km jalan produksi di desa yang sangat bermanfaat bagi petani
– Telah dibangun 58.000 unit irigasi yang sudah dibangun dari dana desa.

PANGAN

Apa yang telah dihasilkan petani jagung : Ketersediaan pangan, stok pangan, stabilitas harga terus dijaga. Pada tahun 2014 sudah diimpor 3.500.000 ton jagung, pada tahun 2018 sudah diimpor 180.000 ton. Berarti ada 3.300.000 juta ton yang sudah diproduksi para petani, ini merupakan lompatan besar.

LINGKUNGAN HIDUP

Kebakaran hutan dan lahan gambut tidak terjadi lagi. Hal ini sudah diatasi, dalam 3 tahun ini tidak terjadi lahan hutan dan gambut. Juga mengurangi sampah plastik di sungai dan di laut.

 

Penyampaian visi dan misi 02 Prabowo

Mengenai topik infrastruktur, energi, pangan dan sumber daya alam ini disebutkan sebagai inti masalah kehidupan berbangsa dan megara. Prabowo meyakini bahwa untuk menjadi negara yang berhasil harus sungguh-sungguh membangun kemandirian, berdiri di atas kaki sendiri.

Kembali Prabowo mengulangi pernyataannya bahwa kita harus swasembada pangan, energi, dan air agar bisa survive sebagai suatu bangsa. Prabowo menyebutkan, “PBB menyatakan tolok ukur keberhasilan suatu negara adalah negara dapat memenuhi pangan, energi, air tanpa impor”.

Dalam sesinya, Capres 02 ini menjanjikan menjamin pangan tersedia dengan harga terjangkau untuk rakyat.  Juga menjamin petani, peternak, nelayan mendapat imbalan penghasilan yang memadai. Demikian juga, disebutkan akan menurunkan harga listrik dan menyediakan pupuk ke petani.

Juga Prabowo menyatakan akan menjaga pundi- bangsa agar tidak mengalir ke luar negri, karena masalah pokoknya kekayaan alam tidak tinggal di Indonesia. Lagi Prabowo menyatakan bahwa “Ini bukan salah siapapun, tetapi ini salah kita semua sebagai bangsa.” Prabowo mengajak bersama mencari pemecahan masalah.

Prabowo mengatakan menghargai apa yang telah dilakukan Jokowi di bidang infrastruktur dan telah bekerja keras. Tetapi dia menawarkan strategi yang lebih cepat untuk kemakmuran bangsa Indonesia.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*