Bukit Tuamese di NTT, Memiliki Pesona Ala Raja Ampat

(Beritadaerah – NTT) Keindahan pesona alam di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memang sudah terkenal dan telah menjadi daya tarik baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu lokasi wisata terkenal dan menjadi tujuan wisatawan mancanegara (wisman) di NTT yakni Pulau Komodo. Ternyata keindahaan alam dari NTT tidak hanya itu, salah satu daerah yang memiliki pesona ala Raja Ampat adalah Bukit Tuamese di Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Pihak Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ikut gencar mempromosikan destinasi wisata baru dan menarik minat wisatawan baik melalui sosial media maupun dalam pameran-pameran.

Panorama Bukit Tuamese tidak kalah cantik dengan Wayag di Raja Ampat atau pulau Padar di Labuan Bajo.  Dari puncak Bukit Tuamese, wisatawan dapat melihat hamparan tambak yang berubah layaknya danau. Di sisi sebelah Barat, birunya laut membentang sejauh mata memandang, dipadu dengan hijaunya vegetasi dari pohon lontar di pesisir pantai.

Hanya cukup mendaki 200 meter ke atas bukit, pengunjung bisa mencapai Bukit Tuamese. Namun saat mendaki harus berhati-hati karena jalur tracking yang curam dan berpasir. Di lokasi itu belum tersedia infrastruktur tangga seperti misalnya di Pulau Padar.

Keindahan bukit yang dalam beberapa waktu terakhir populer di media sosial ini, makin naik pamornya saat dijadikan lokasi film garapan sutradara dan aktor Ari Sihasale. Bintang muda Pevita Pearce menjadi pemain utama, ibarat influencer yang makin menjadikan Bukit Tuamese membuat siapapun penasaran.

Untuk menuju lokasi dari Bukit Tuamese yang dekat dengan Kota Atambua yang merupakan pusat kota dari Kabupaten Belu. Hanya dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Atambua. Jarak Tuamese juga relatif dekat dari negara tetangga Timor Leste.

Waktu terbaik untuk ke Tuamese bisa dilakukan kapan saja sepanjang hari. Terlebih saat matahari terbenam. Sebelum mendaki, wisatawan biasanya dipandu dengan pemandu-pemandu cilik atau warga setempat. Mereka tidak meminta uang melainkan hanya menemani hingga ke atas. Karena jauh sebelum tempat itu dikenal banyak orang, di sanalah arena bermain anak-anak pedesaan itu.

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat memberikan perhatian yang serius terhadap pariwisata di Provinsi NTT. Wilayah NTT mempunyai keunikan tersendiri dan memiliki daya tarik pariwisata yang eksotik. Pesona Alam dan binatang langka hanya dapat ditemukan di NTT.

Gubernur Viktor berharap dengan adanya pariwisata ini dapat memberikan manfaat ekonomi dan warga dapat menjaga lingkungan di kawasan wisata, sehingga keberlanjutan industri wisata ke depan bisa terjaga.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor : Handi Fu

About Do not use this user at all time

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.