Jawaban Prabowo Tentang Unicorn Yang Ditanyakan Jokowi

Di sesi keempat dalam acara Debat Kedua Capres Pemilu 2019 di Hotel Sultan hari Minggu (17/02) dilakukan tanya jawab antara kedua calon Presiden. Pada kesempatan yang kedua calon Presiden 01 Jokowi bertanya kepada Prabowo sebagai calon Presiden 02.

Pertanyaan Jokowi kepada Prabowo : Seperti apa infrastruktur yang akan dibangun untuk mendukung Unicorn Indonesia?

Jawaban capres 02 Prabowo atas pertanyaan capres 01 Joko Widodo:
Atas pertanyaan Jokowi tentang infrastruktur apa yang akan dibangun untuk mendukung unicorn Indonesia, Prabowo pertama balik bertanya tentang kejelasan apakah “unicorn” yang dimaksud itu adalah yang ‘online-online’ itu?

Setelah diiyakan Jokowi, Prabowo menjelaskan bahwa dia akan membangun prasarana, memfasilitasi, dan mengurangi regulasi. “Kurangi pembatasan karena mereka lagi giat-giatnya berkembang,” jelasnya.

Prabowo janjinya akan mendukung segala upaya untuk memperlancar usaha. Menurutnya, mereka mengalami kesulitan karena merasa sekarang ada tambahan regulasi mau dipajak dalam perdagangan online, dan mereka mengeluh, sebutnya. Ditambahkan bahwa dia menyambut baik dinamika perkembangan bisnis yang seperti itu pesatnya dan memungkinkan membuka peluang luar biasa.

Tanggapan capres 01 Joko Widodo terhadap jawaban capres 02 Prabowo :
Di negara Asia ini ada 7 unicon dan 4 nya ada di Indonesia. Oleh sebab itu kita tidak ingin hanya 4 unicon di Indonesia tapi juga ada tambahan yang baru. Kita mau ada start up yang baru di Indonesia.

Kita sudah siapkan program 1000 start up baru yang kita link kan dengan incubator-incubator di global agar mereka memiliki akses untuk inovasi mereka dikembangkan di negara-negara lain. Dalam rangka infrastruktur dan mendukung unicon-unicorn lain kita juga membangun Palapa Ring, di Indonesia bagian barat telah 100% selesai, di Indonesia bagian tengah 100% telah selesai, di Indonesia bagian timur 90% selesai dan nanti di Juni ini 100 % akan selesai.

Ini menyambungkan backbond dengan broadband dengan kecepatan yang sangat tinggi.
Kedua juga system 4G yang akan kita teruskan dan sekarang baru mencapai 74 % dan saya yakini insya Allah sampai akhir tahun ini seluruh kabupaten dan kota propinsi yang ada di tanah air sudah tersambungkan.

Yang ketiga Regulasi yang memudahkan. Start up ini juga terus kita dorong tanpa regulasi yang ketat mereka dapat mendaftarkan secara online. Inilah yang terus kita dorong sehingga benar-benar kita mampu menyongsong revolusi industri dengan SDM yang kita siapkan lewat inkubasi-inkubasi yang ada sekarang ini yang sudah 3 tahun ini telah kita siapkan.

Tanggapan capres 02 Prabowo terhadap tanggapan capres 01 Joko Widodo:
Terhadap penjelasan sistematis Jokowi atas infrastruktur bagi unicorn itu, Prabowo menambahkan hal mendasar dalam perekonomian Indonesia adalah terjadi suatu disparitas. Segelintir orang, kurang dari 1% menguasai lebih dari setengah kekayaan kita, menurutnya. Kalau unicorn ada dengan teknologi hebat, maka dikhawatirkan akan mempercepat uang yang lari ke luar negeri.

Ditambahkan Prabowo bagagaimana Menteri team Jokowi sendiri menyebutkan adanya dana besar orang Indonesia yang di luar negeri, jauh melebihi yang tinggal di Indonesia. Menurutnya lagi, kalau tidak hati-hati dengan antusiasme internet, e-commerce, dan lainnya itu, akan mempercepat arus larinya uang ke luar negeri.

Emy T/Journalist/BD 
Editor : Emy Trimahanani

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.