Peranan Insentif Pajak dalam Perekonomian Indonesia

Pertumbuhan ekonomi Indonesia salah satunya dipengaruhi oleh investasi. Perekonomian suatu negara meningkat apabila Produk Domestik Bruto (PDB) negara tersebut mengalami pertumbuhan. Komponen yang cukup penting dalam perhitungan PDB adalah investasi.

Tentunya ada banyak faktor yang akan menarik investasi di Indonesia. Apakah sumber daya alamnya yang besar, pasar domestik yang terus meningkatkah, jumlah tenaga kerja yang banyak, semua itu bisa menjadi faktor yang menarik investasi di Indonesia. Selain itu ada faktor yang sangat penting dalam perekonomian negara yaitu tarif pajak dan juga insentif pajak yang diberikan.

Insentif Pajak ini merupakan salah satu instrumen yang sering digunakan oleh negara berkembang untuk menarik investasi masuk ke negara tersebut. Untuk Indonesia sendiri, saat ini memiliki dua jenis insentif pajak yang digunakan, yaitu Tax Holiday dan juga Tax Allowance.

Tax Holiday merupakan bentuk insentif pajak di mana berbentuk pembebasan beban pajak penghasilan (PPh) badan atau dapat pula berupa pengurangan tarif PPh badan hingga 100 % bagi perusahaan yang menanamkan modal baru dalam jumlah tertentu pada industri pionir ke dalam negeri selama jangka waktu tertentu, yang bertujuan untuk merangsang masuknya investasi dari luar negeri. Tax Holiday ini diatur dalam PMK No. 35 Tahun 2018 tentang Pemberian Fasilitas Pengurangan Pajak Penghasilan Badan. Industri pionir adalah industri logam hulu, industri pengilangan minyak bumi, industri kimia dasar organik yang bersumber dari minyak bumi dan gas alam, industri permesinan yang menghasilkan mesin industri, industri pengolahan berbasis hasil pertanian, kehutanan, dan perikanan, industri telekomunikasi, informasi, dan komunikasi, industri transportasi kelautan, industri pengolahan yang merupakan industri utama di Kawasan Ekonomi Khusus, dan/ atau infrastruktur ekonomi selain yang menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Sedangkan Tax Allowance merupakan pemberian fasilitas PPh bagi investor yang menanamkan modalnya pada bidang-bidang usaha tertentu dan/atau daerah-daerah tertentu. Tax Allowance diatur dalam PP No. 9 Tahun 2016 tentang Perubahan PP No. 18 Tahun 2015 tentang Fasilitas Pajak Penghasilan Untuk Penanaman Modal Di Bidang-Bidang Usaha Tertentu Dan/Atau Di Daerah-Daerah Tertentu.

Melalui dua insentif pajak ini sangat diharapkan mampu menarik para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Juga mampu meningkatkan perekonomian Indonesia semakin kompetitif dan produktif. Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan, Tax Allowance tahun 2018 telah menghasilkan perencanaan investasi sebesar Rp. 138,32 Triliun dan US$ 9,6 miliar. Investasi yang sudah terealisasi sebesar Rp. 63,5 Triliun dan US$ 7,6 miliar. Sedangkan Tax Holiday tahun 2018 telah menghasilkan perencanaan investasi sebesar Rp 210,8 Triliun.

Hal yang perlu dipertimbangkan lagi dalam pelaksanaan insentif pajak adalah adanya biaya atas insentif pajak. Biaya sosial yang bisa terjadi atas Indonesia adalah hilangnya penerimaan pajak, biaya atas administrasi dan kepatuhan serta alokasi sumber daya yang kurang efisien. Sehingga perlu di buat suatu pengukuran oleh Pemerintah untuk dapat melihat efektifitas dari insentif pajak yang kita berikan juga dilakukan evaluasi atas penerapan kebijakan tersebut. Selain itu penting sekali pemerintah transparan dalam setiap kebijakan serta pengawasan dan evaluasi sehingga dapat memberikan keyakinan bagi investor bahwa pemerintah memang memiliki akuntabilitas dalam melakukan kebijakannya. Secara periodik perlu dilakukan evaluasi oleh Pemerintah atas efektivitas insentif pajak untuk mendapatkan hasil yang maksimal, juga ketika ada kebijakan yang sulit dilakukan maka dapat dilakukan perbaikan.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.