Rakornas Penyelenggaraan Pemerintah Desa 2019 di Ecopark Ancol, Jakarta, 20 Feb. (Photo: Fadjar AD/BD)

Dialog Presiden Dengan Pemerintah Desa

(Beritadaerah – Nasional) Dalam Rakornas Penyelenggaraan Pemerintah Desa 2019 di Ecopark Ancol. Presiden meminta maju 4 orang wakil dari 3.000 peserta yang hadir.

Kepada peserta pertama ditanyakan bagaimana penggunaan dana desa tahun 2018. Seorang ibu menyampaikan bahwa dana desa yang mereka terima pada tahun 2018 digunakan untuk membangun jalan desa, yang tadinya becek sekarang sudah di aspal dan di beton sehingga tidak becek lagi.

Peserta kedua dari kabupaten Bener Meriah Aceh, menjawab pertanyaan yang sama dari Presiden. Mereka menerima dana desa digunakan untuk membuat saluran air bersih dari mata air ke penampungan dan masyarakat mengambilnya untuk rumah masing-masing, dan rencananya akan dibangun saluran dari penampungan ke rumah penduduk.

Peserta ketiga saat ditanyakan apakah akan dilakukan untuk dana desa pada tahun 2019, nampak kaget dengan pertanyaan spontan ini. Mereka berencana akan menggunakannya untuk pembangunan jalan dan juga membangun sarana untuk PAUD. “Masih banyak lagi pak, saya tidak ingat” demikian dialog diakhiri. Presiden menekankan pentingnya perencanaan baik bangunan dan juga kegiatan yang dilakukan.

Peserta terakhir berasal dari Manggarai Barat NTT. Pertanyaan Presiden lebih maju lagi, bagaimana dana desa akan digunakan pada tahun 2020. Namun kali ini peserta yang bernama Ary Samsung ini menjawab dengan yakin. Dana desa akan mereka gunakan untuk membangun saluran air ke rumah-rumah setelah menyelesaikan dari mata air ke penampungan. Presiden menanggapi bahwa untuk wilayah NTT problemanya adalah air, baik untuk pertanian maupun kebutuhan rumah tangga.

Presiden menutupnya dengan kerja pemerintah yang terus memperbaiki desa, perbatasan negara dan memberikan kebanggaan bagi Indonesia. “Ke depan bukan negara yang kaya yang mengalahkan negara miskin, namun negara yang cepat mengalahkan mereka yang lambat.” Ini dikatakan Presiden sambil membagikan foto kepada peserta dialog yang diambil saat itu juga dan langsung dicetak dengan cepat.

About Fadjar Dewanto

Partner in Business Advisory Vibiz Consulting, Advisor LEPMIDA (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah) who is active as editor and a columnist on Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*