Ilustrasi: Rendang Padang (Photo: Titus/ BD)

Rendang Paling Enak Di Dunia, Ayo Coba?

Apa yang akan diingat saat mendengar kota Padang, tentu banyak sekali komentar yang akan timbul. Namun salah satu diantaranya adalah kuliner yang terkenal seantero dunia adalah nasi Padang yang yummy. Teristimewa tentunya adalah rendang Padang yang amat terkenal, mungkin kalau di Indonesia orang mengenalnya setingkat dengan keterkenalan minuman Coca-Cola, dimana saja kapan saja, begitu moto nya. Seluruh Indonesia sejauh saya jalani ada warung Padang dengan rendangnya, saya pernah ke Aceh disana ada warung Padang, hingga ke Merauke saya juga melihat kuliner ini, hebat bukan? Bahkan tidak berhenti disana, setidaknya pernah ada orang bule bikin lagu tentang rendang, khusus menyatakan kekagumannya untuk jenis makanan ini.

Pertengahan Februari ini saya bersama keluarga berkesempatan jalan-jalan ke kota Padang, wah sudah tentu saya pengen mencoba rendang di kota asalnya. Setelah tanya kesana-sini, ada satu tempat yang terkenal di dekat jalan Perindo Padang, namanya Restoran Selamat. Setelah berburu lokasi rendang terenak di Padang ini, tibalah saya jam 8 pagi di lokasi. Saya bertemu dengan ibu Aryani di tempat pemesanan, ternyata beliau adalah pemilik restoran Selamat ini. Langsung saja saya pesan 20 potong, satu potong harganya 16 ribu rupiah, hanya pagi itu belum matang. Dengan tenang sang ibu berkata “kalau disini sebelum matang, rendang sudah habis” wow! Hebat sekali! Sebelum matang rendang sudah habis dipesan. Sudah 40 tahun restoran Selamat ini didirikan, dan sekarang rendang buatannya sudah dikirimkan ke seluruh Indonesia, bahkan sampai ke Kanada. Waktu saya tanya berapa banyak dimasak setiap harinya? Jawabannya sangat meyakinkan: “Seluruh Sumatra Barat, kamilah yang paling banyak memasak rendang!” begitu jawab salah satu penjaga restoran.

Siapa tidak ingin mencobanya saat mendengar penuturan ini bukan? Langsung saja bersama keluarga, saya mencobanya. Daging rendang ini lembut dan tidak kering, rasanya saya belum pernah makan rendang selembut ini, mestinya daging pilihan dan istimewa, belum lagi bumbunya yang menagih nasi untuk ditambahkan terus, sangatlah enak. Setuju memang rendang ini rendang paling enak yang saya pernah makan, nggak salah kalau tadi disebut paling laris di seluruh Sumatera Barat. Celetukan anggota keluarga saya “Kalau paling enak di Sumatera Barat, berarti paling enak di seluruh dunia ya!” saya setuju dengan pujian ini, kalau sudah paling enak di Sumatera Barat, sudah pasti rendang ini paling enak di dunia.

Makanan rendang ini memang tidak bisa dilupakan, setelah saya kembali ke Jakarta masih terpikir lagi. Tapi jangan takut saya sudah punya kontak mereka, kirim ke Jakarta hanya perlu waktu sehari sampai dan dijamin rasa akan tetap sama, bisa lima hari rendang ini tanpa harus ada di lemari es, masih tetap bagus.

Rendang bagian dari kekayaan Indonesia, masih banyak tentunya kuliner lain, yang akan selalu bikin rindu pulang ke Tanah Air saat di negeri orang.

About Fadjar Dewanto

Partner in Business Advisory Vibiz Consulting, Advisor LEPMIDA (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah) who is active as editor and a columnist on Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*