Menpar Arief Usulkan Mandalika di Lombok Menjadi Sport Tourism

(Beritadaerah – Lombok) Sport tourism atau wisata olahraga merupakan cara yang efektif dalam mempromosikan pariwisata suatu daerah. Kawasan Mandalika di Lombok yang memiliki luas 1.175 hektare, diusulkan menjadi destinasi wisata olahraga dengan mempertimbangkan daya dukung infrastruktur yang kini sedang terus dikembangkan. Terlebih kawasan ini  direncanakan sebagai tuan rumah balap motor bergengsi MotoGP pada 2021.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam kunjungan ke Gili Air, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (21/2), untuk menghadiri “ground breaking” Ama-Lurra Resort by Eastern Latitude. Dalam kunjungan kerja ini, Menpar didampingi oleh Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah dan sejumlah pejabat terkait.

“Saya mengusulkan ‘positioning’ Mandalika sebagai destinasi wisata olahraga,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (21/2).

Menpar Arief tambahkan bahwa dengan menjadi tuan rumah ajang Moto GP pada 2021 maka akan semakin banyak wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung untuk kepentingan tersebut. Sehingga perlu dikembangkan infrastruktur pendukung wisata olahraga yang memadai di dalamnya, seperti pembangunan lapangan golf, dan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Menpar Arief usulkan bahwa Mandalika memiliki positioning sebagai destinasi sport tourism.

Menpar Arief menyampaikan ini pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP pada 2021. Dengan direncanakan Mandalika menjadi ajang kompetisi MotoGP, maka potensi keuntungan minimumnya hingga Rp 2 triliun dengan modal Rp 130 miliar. MotoGP ditargetkan dapat mendatangkan 100.000 wisman, dan menghasilkan nilai ekonomi Rp 1 triliun. Sedangkan media value-nya minimal dapat Rp 2 triliun.

Sementara itu Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah, mengatakan bahwa masyarakat NTB masih membutuhkan dukungan semua pihak untuk pulih seperti sediakala, termasuk dalam hal mempromosikan pariwisata di NTB pasca gempa. Ini salah satu bentuk dukungan nyata dan komitmen pemerintah pusat dalam membangkitkan pariwisata Lombok.

Pulau Lombok terkenal akan keindahan pantai dan keragaman biota laut. Lombok sendiri pernah menempati posisi ketiga dari 15 pulau terbaik di dunia setelah Pulau Jawa dan Pulau Bali versi Travel and Leisure. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air bahkan diakui sebagai salah satu tempat snorkeling terindah di dunia. Selain itu Lombok ini memiliki seni budaya yang beragam dan mampu menarik minat wisman.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor : Handi Fu

 

 

 

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.