Istighotsah Kubro bersama Prof.DR.KH. Ma'ruf Amin di Mall Taman Palem Jakarta Barat (Photo: Fadjar AD /BD)

Istighotsah Kubro Bersama Prof.DR.KH. Ma’ruf Amin di Jakarta Barat

(Beritadaerah-Pilpres) Warga Nahdliyin Jakarta Barat hari ini, Sabtu 23 Februari 2019 sejak jam 7 pagi hari berbondong-bondong memenuhi Ballroom Mall Taman Palem Cengkareng Jakarta Barat. Mereka hendak berdoa bersama-sama dalam Istighotsah Kubro bersama Prof.DR.KH. Ma’ruf Amin.

Istighotsah pengertiannya sama dengan berdoa, namun lebih dari berdoa, saat  Istighotsah dilakukan maka ada permohonan yang besar yang tidak biasa dinaikan kepada Allah. Istighotsah adalah meminta pertolongan ketika keadaan sukar dan sulit.

Istighotsah Kubro bersama Prof.DR.KH. Ma’ruf Amin di Mall Taman Palem Jakarta Barat, 23 Feb 2019 (Photo: Fadjar AD/ BD).

Pagi itu sementara menanti kedatangan pak Kiai, dilantunkan sholawat oleh sahabat-sahabat dari masjid Nursaid. Jamaah dari Grogol, Taman Sari, Cengkareng, dan lainnya nampak tenang mengikutinya. Alunan musik Islami juga sesekali dilantunkan dengan iringan organ tunggal yang menggema di dalam ruangan Istighotsah.

Menjelang pukul delapan pagi Jamaah bersama-sama  berdoa  mendoakan para Kiai NU dan juga bangsa negara. Lantunan sholawat bersama Veve Zulfikar dinaikan menjadi pengisi hati yang berdoa. Adli Fairuz cucu Ma’ruf Amin bersama pasangan hadir juga mendukung acara doa pagi itu. Mpok Ati yang jenaka mengajak hadirin menyanyikan lagu yang menyemangati Jamaah mendukung Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Ketika Prof.DR.KH. Ma’ruf Amin hadir di lokasi, Jamaah yang hadir bersama-sama, menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan semangat dilanjutkan dengan mars NU Yalal Wathon yang diangkat sebagai bentuk cinta tanah air. Sementara mereka menyanyikan lagu ini, bendera merah putih dibentang di atas Jamaah sebagai bentuk penghargaan pada sang saka Merah Putih.

Istighotsah Kubro bersama Prof.DR.KH. Ma’ruf Amin di Mall Taman Palem Jakarta Barat (Photo Fadjar AD BD).

Kiai Ma’ruf Amin menyampaikan pesan bahwa NKRI tidak akan punah, karena bukan Dinosaurus sehingga akan punah. NU akan terus melakukan Istighotsah agar NKRI terjaga, dan Pilpres tahun 2019 ini tidak harus bermusuhan.”Bagi mereka ya capres mereka, bagi kita ya capres kita” kata pak Kiai. NU akan all out karena calon presiden memilih cawapres dari NU. Jokowi terbukti  mencintai NU, ulama, santri dan Kiai, karena itu ia mengangkat Kiai Ma’ruf yang adalah ulama, santri, Kiai dan juga kader NU sebagai wakil presidennya.

Ulama itu seperti daun salam, waktu mulai masak dicari biar wangi, setelah matang dibuang begitu penuturan Kiai Ma’ruf. Seperti itulah ulama dalam pemilu, sering dicari saat pemilu dilakukan tapi tak diingat lagi  setelah selesai pemilihan. Namun tidak demikian dengan Jokowi, ulama saat pemilu sampai selesai pemilu tetap diangkat bersama memimpin negara. Santri juga dihargai presiden Jokowi, hanya Jokowi yang menetapkan hari Santri tanggal 22 Oktober setelah 70 tahun dilupakan orang.

Santri harus semangat menjadi apa saja, ada yang jadi Gubernur, Bupati sampai Wakil presiden, bahkan Presiden. Jokowi bukan memberi janji tapi bukti, “yang bilang nggak ada bukti kerja Jokowi  tidur kali..” kata Kiai Ma’ruf. Jokowi juga sudah berbuat banyak untuk Islam, membuat dzikir di Istana, memperjuangkan makanan halal, membentuk ekonomi syariah, dan lain-lain. Umat Islam jangan mau dibohongi dengan hoax, untuk orang yang sudah berbuat banyak bagi negara.

Acara Istighotsah Kubro bersama Prof.DR.KH. Ma’ruf Amin di Mall Taman Palem Jakarta Barat (Photo Fadjar AD/ BD)

Kiai Ma’ruf mau menjadi wakil presiden sesungguhnya karena ingin menjaga negara tetap NKRI dan agama berdasarkan al-Sunnah wa al-Jama’ah. Bagi NU, NKRI harga mati, juga al-Sunnah wa al-Jama’ah juga harga mati.” Sebelum menutup Kiai Ma’ruf berpesan: “Sekarang kita bertemu saya sebagai calon wakil presiden, kelak bertemu kembali sebagai wakil presiden!” Aminnnn…, jamaah menjawab.

About Fadjar Dewanto

Partner in Business Advisory Vibiz Consulting, Advisor LEPMIDA (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah) who is active as editor and a columnist on Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*