Konvensi Rakyat, Jokowi: Optimis Indonesia Maju

(Beritadaerah – Pilpres2019) Dalam pidatonya di acara Konvensi Rakyat yang berlangsung di SICC Bogor, Jokowi membagikan kisahnya bagaimana masuk ke dunia politik untuk menjadi Walikota. Pengalaman panjangnya memimpin sebagai Walikota di Kota Solo dua periode. Kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta dan kemudian menjadi Presiden Republik Indonesia.

Semua pengalaman panjang yang dijalaninya di dunia politik dan birokrasi itu memberikan bekal untuk Jokowi mengelola sebuah negara.

“Perjalanan hidup saya mengajarkan pada saya dan keluarga saya untuk selalu optimis dalam menghadapi semua masalah. Selalu bekerja keras dan tidak mudah menyerah. Perjalanan hidup saya juga mengajarkan kejujuran dan kemandirian. Dengan selalu berdoa dan tawakal pada Allah SWT, ” demikian Jokowi menambahkan lagi pengalamannya belajar selalu optimis.

Sedangkan untuk komitmennya bagi rakyat Indonesia, Jokowi dengan semangat menyatakan: “Saya berkomitmen untuk melanjutkan dan menuntaskan panggilan dan tanggung jawab saya pada rakyat Indonesia,” yang disambut dengan tepukan dan sorak gemuruh seluruh peserta konvensi di SICC.

Disampaikannya dengan optimis: “Saya optimis Indonesia maju. Saya optimis rakyat sejahtera. Saya optimis Indonesia setara. Saya optimis rakyat kerja!”

Lalu dengan meyakinkan, Jokowi mengutarakan: “Apa arti ‘Indonesia Maju’ bagi kita?” “Indonesia maju adalah Indonesia yang tidak ada satupun rakyatnya yang tertinggal untuk bisa meraih cita-citanya!”

Kemudian Jokowi menerangkan bahwa ini artinya kita harus terus membangun pendidikan yang mencerdaskan, yang memberikan ketrampilan, yang meningkatkan keimanan dan mengokohkan karakter untuk meraih kemajuan bangsa. Indonesia maju adalah Indonesia yang demokratis, yang memiliki kepastian hukum agar setiap orang dapat dilindungi dan memiliki hak yang sama di depan hukum. Artinya kita harus membangun sistem hukum yang bersih dan terpercaya.

Dijelaskan tekadnya dalam memberantas korupsi untuk menegakkan keadilan untuk menegakkan HAM dan menangani kejahatan yang ada.

Bagi Jokowi, “Indonesia Maju” adalah mendorong inovasi untuk meningkatkan produtivitas, serta meningkatkan daya saing dan martabat bangsa. “Artinya kita semakin mengolah dan mengelola sumber yang kita manfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat,” katanya yang disambut teriakan Jokowi-Jokowi dari semua pendukung yang memenuhi gedung SICC.


About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.