Kementerian PUPR Dorong Pekerja Konstruksi Punya Sertifikat Keahlian (Sumber: Kominfo)

Kementerian PUPR Dorong Pekerja Konstruksi Punya Sertifikat Keahlian

(Beritadaerah – Nasional) Dalam rangka meningkatkan kemampuan para pekerja di bidang konstruksi,Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong kaum muda pekerja kontruksi di Indonesia untuk memiliki sertifikat keahlian bidang kontruksi.

“Sertifikat keahlian merupakan bagian dari melaksanakan fokus Pemerintah untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berdaya saing,” ujar Menteri Basuki Hadimuljono melalui siaran pers, Minggu (24/2).

Mengapa demikian? Karena sektor konstruksi merupakan sektor yang memiliki risiko tinggi terkait keselamatan dan kesehatan baik bagi para pekerja maupun masyarakat. Dengan demikian kompetensi dan disiplin SDM konstruksi menjadi salah satu faktor penting dalam mengurangi tingkat kecelakaan konstruksi.

Kementerian PUPR terus berusaha melakukan percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi Indonesia. Namun demikian diperlukan juga keterlibatan masyarakat jasa konstruksi terutama dari institusi pendidikan, supaya pada akhirnya dapat menghasilkan tenaga kerja konstruksi yang kompeten, profesional dan mandiri.

Upaya yang telah dilakukan dalam meningkatan kapasitas mahasiswa adalah melalui pengembangan program _link and match_ pendidikan kejuruan, vokasi dan pendidikan tinggi serta pemagangan bagi peserta dan tenaga didik pada proyek infrastruktur.

Hingga saat ini setidaknya 8,3 juta orang potensi tenaga kerja. Dari jumlah tersebut baru 7,42 persen saja yang bersertifikat. Sementara untuk menjaga mutu konstruksi, sudah diatur bahwa diwajibkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi dibuktikan melalui sertifikasi.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.