Pertimbangan Investasi Startup di Indonesia

Perusahaan startup adalah perusahaan yang memang di desain untuk lebih fokus pada GROWTH, bukan fokus untuk memberikan keuntungan. Sangat berbeda dengan UKM yang memang dibangun untuk bisa memberikan keuntungan. Itu sebabnya pada umumnya basic dari suatu startup itu adalah bergerak di bidang teknologi. Teknologi itu memampukan suatu perusahaan startup untuk berkembang lebih cepat lagi.

Beberapa startup di Indonesia ini sudah memperoleh dana yang besar dari para investor, baik investor lokal maupun juga internasional. Tentunya kalau perusahaan tersebut tidak fokus pada keuntungan, maka hal apakah yang dilihat oleh pada investor sehingga mereka mau menginvestkan dananya, bahkan dalam jumlah yang besar pada suatu perusahaan startup.

Hal pertama yang menjadi pertimbangan para investor adalah talent-talent yang dimiliki sebuah startup. Ketika mereka melihat potensi talent yang ada maka semakin besar nilai kepercayaan para investor terhadap startup tersebut. Bagaimana leadership dari pendirinya, juga latar belakang pendidikannya, serta bagaimana mereka memecahkan masalah ketika ada masalah, semua itu sangat menjadi pertimbangan bagi para investor. Itu sebabanya sebuah startup pastilah akan berlomba lomba untuk menarik talent talent yang potensial untuk bergabung dengan mereka.

Hal yang kedua menjadi pertimbangan yang penting bagi para investor adalah seberapa besar potensi pasar dari startup tersebut. Tentunya semakin besar pasar nya, bahkan kalau jangkauannya tidak hanya lokal tapi juga sampai ke internasional, maka investor akan menjadi sangat tertarik untuk meng investasikan dananya pada startup tersebut.

Direktur KKR Asia, Terence Lee sebagai salah satu investor Gojek mengungkapkan alasan perusahaannya berinvestasi pada startup ini. Gojek mereka pandang sebagai suatu startup yang fokus pada solusi online yang inovatif dan terjangkau. Gojek juga menyediakan layanan yang pas dengan kebutuhan masyarakat Indonesia sehari-hari, sehingga pasarnya sangat luas.

Presiden Direktur Astra, Prijono Sugiarto juga telah menjadikan Gojek ini sebagai investasi terbesar Astra di bidang digital. Dia berharap melalui investasi ini akan mendorong era digitalisasi di Astra International. Dengan langkah bisnis ini, pihak Astra percaya investasi tersebut sangat menarik meski tidak akan instant meraup keuntungan. Mereka menyadari bahwa tidak ada juga investasi yang sekejap. Dia tambahkan bahwa yang penting mereka percaya ini menjadi investasi jangka panjang dan memberi nilai tambah bagi kedua belah pihak.

Hal yang ketiga adalah Capital, atau jumlah modal yang disetor oleh pemilik startup. Selain itu sikap dari foundernya yang punya impian dan tujuan, bersemangat juga ambisius dalam startup yang dia dirikan, juga sangat berpengaruh dan menentukan apakah investor tersebut mau memberikan dananya atau tidak.

Seperti disampaikan oleh CEO PT Global Digital Niaga Kusumo Martanto, dia mengatakan bahwa salah satu alasan mau berinvestasi dengan Gojek karena mereka memiliki kesamaan visi misi. Mereka mau membangun dan memperluas jaringan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu juga masih banyak kolaborasi lain lagi yang bisa mereka lakukan bersama Gojek. Menurutnya kolaborasi tersebut bisa dalam bentuk logistik, pembayaran, dan membangun produk serta tekno.

Dalam pembahasan tentang pendanaan bagi startup yang ada di Indonesia maka ada beberapa jenis investor yang bisa kita pelajari. Investor yang pertama seringkali disebut dumb money, mereka masuk hanya sebagai investor, tetapi tidak memberikan pendampingan. Investor yang berikutnya adalah investor yang juga akan memberikan pendampingan, atau sering disebut sebagai smart money. Investor masuk sebagai partner dan juga masuk dalam struktur manajemen perusahaan tersebut. Selain itu salah satu pendampingan adalah mereka melakukan diskusi bersama, memberikan bimbingan atau konsultasi dan juga memecahkan masalah bersama. Pemerintah kita saat ini sangat mendukung akan perkembangan startup yang ada di negeri ini.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.