Dompet Digital Sebagai Alternatif Alat Pembayaran

Saat ini pembayaran tanpa menggunakan uang tunai menjadi hal yang sering dilakukan dalam setiap transaksi. Bahkan kita bisa hanya membawa kartu dan juga smartphone untuk melakukan pemindaian maka suatu transaksi dapat terjadi. Sepertinya posisi kartu seperti ATM, debit, kredit dan uang elektronik sebagai alat pembayaran semakin terusik dengan adanya teknologi yang lebih digital. Saat ini yang sudah mulai digunakan masyarakat adalah dompet digital, dimana tidak seperti uang elektronik yang menggunakan kartu sebagai alat pembayaran, dompet digital hanya menggunakan aplikasi pada ponsel.
Meningkatnya startup yang berbasis finansial keuangan (fintek) akan berdampak pada gaya hidup cashless yang semakin ramai dilakukan saat ini. Penggunaan dompet digital ini tidak hanya terasa sangat mudah dan praktis, tetapi juga semakin hemat. Dalam startup tertentu mereka menyediakan diskon yang cukup besar pagi para pemakai yang menggunakan dompet digital. Sehingga konsumen merasa lebih menguntungkan jika mereka bertransaksi melalui dompet digital daripada tunai.
Dengan adanya dompet digital ini memang seperti merupakan ancaman bagi perbankan. Tetapi sebenarnya ini adalah peluang yang sangat berarti bagi perbankan untuk melakukan inovasi.

Berikut ini adalah beberapa Dompet Digital yang dapat digunakan di Indonesia, dengan mengunduhnya secara gratis melalui playstore atau appstore. Tidak diperlukan biaya admin atau biaya opening lainnya dalam membuka suatu dompet digital.

1. DANA
Merupakan platform pembayaran digital yang mengusung open platform dan dapat digunakan oleh berbagai aplikasi, gerai-gerai online maupun konvensional manapun.DANA hanya bekerja sama dengan bank-bank nasional, di antaranya Bank Mandiri, BCA, BRI, CIMB NIAGA, BNI, Panin Bank, Bank Permata, BTN dan Bank Sinar Mas.

2. OVO
Merupakan dompet digital yang digunakan untuk berbagai pembayaran pada merchant yang berkerja sama. Ovo memberikan Ovo Points bagi para pemakainya.

3. Go Pay
Pada awalnya Go Pay digunakan untuk pembayaran berbagai layanan Gojek dan saat ini sudah dapat dipakai menjadi pembayaran bagi berbagai merchant yang bekerja sama dengan Gojek.

4. T-Cash
Merupakan dompet digital yang dimiliki Telkomsel. TCASH adalah layanan uang digital yang dapat digunakan oleh semua operator di Indonesia. Dengan T-Cash Anda dapat melalukan berbagai transaksi finansial.

5. Mandiri E Cash
Dapat juga dipakai untuk pembayaran transaksi berbagai merchant yang merupakan rekanan bank Mandiri.

6. Sakuku
Aplikasi dompet digital yang dikeluarkan BCA untuk digunakan dalam melakukan transaksi digital tanpa menggunakan uang tunai. Sakuku juga tidak mewajibkan pemakainya harus memiliki rekening di BCA.

Teknologi yang semakin maju ini semakin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Tidak perlu lagi membawa dompet yang berisi uang kertas atau recehan, atau membawa banyak kartu untuk melakukan transaksi, tetapi seluruh alat pembayaran itu sudah anda bawa hanya dalam satu ponsel saja yang isinya ada banyak aplikasi dompet digital.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.