Presiden Jokowi menyerahkan 814 sertifikat tanah wakaf, di Masjid Istiqlal, Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (8 Maret).(Foto: Humas Setkab)

Presiden Jokowi Serahkan 814 Sertifikat Tanah Wakaf di Lampung Tengah

(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Jumat (8/3), meresmikan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Segmen Bakauheni-Lematang dan Segmen Kotabaru-Terbanggi Besar dan Terminal dan Dermaga Eksekutif Merak Dan Bakauheni, di Gerbang Tol Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Usai meresmikan jalan tol, presiden Jokowi dan rombongan melakukan penyerahan 814 sertifikat tanah wakaf di Lampung Tengah. Penyerahan sertifikat dilakukan lantaran Presiden  tidak ingin ada lagi konflik tanah wakaf tempat ibadah di tengah masyarakat.

“Kenapa ini diberikan? Karena setiap saya ke kampung, masuk ke desa, yang namanya sengketa lahan, sengketa tanah, itu ada di mana-mana. Bukan hanya urusan tanah hak milik, tetapi juga tanah wakaf,” kata Jokowi.

Presiden  menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada 12 orang penerima. Dikatakan bahwa saat ini banyak terjadi konflik tanah wakaf masjid terjadi di Indonesia. Jokowi memberi contoh kasus yang terjadi pada sebuah masjid di Jakarta,  dipermasalahkan ahli waris karena harga tanahnya mencapai Rp120 juta per meter. Sementara , sebelumnya rumah ibadah tersebut sudah berdiri dan digunakan masyarakat bertahun-tahun.

Pemerintah akan terus mempercepat pembuatan sertifikat wakaf untuk masjid, mushola, tempat pendidikan, hingga pesantren, agar konflik tanah wakaf tidak terulang lagi.

“Kami harapkan dengan sebuah tanda bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki dan jelas, insya Allah tidak ada masalah di masa-masa yang akan datang,” ujar Jokowi.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.