Wujud APBN Langsung Dirasakan Oleh Rakyat, 363 Titik PJU-TS Untuk Kab Wajo

(Beritadaerah – Nasional) Bertempat di Desa Bulu Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, hari ini, Kamis (7/3) dilangsungkan penyerahan 363 Titik Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) untuk warga Kabupaten Wajo.

Mewakili Menteri ESDM, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian ESDM, Bambang Utoro menyebut bahwa hadirnya PJU-TS di Wajo ini sebagai wujud APBN yang dirasakan langsung oleh rakyat. “Pemanfaatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus dirasakan langsung oleh masyarakat,” tegas Bambang.

Hadir pada acara tersebut, Anggota Komisi VII DPR, Andi Yuliani Paris, Wakil Bupati Wajo Amran Mahmud, Camat Pitupanua dan masyarakat setempat.

“Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Wajo berterima kasih kepada Kementerian ESDM karena telah hadir dengan program PJU-TS dan sumur bor,” ungkap Amran Mahmud pada kesempatan tersebut. Amran berharap agar program pengembangan dan pembangunan energi Kementerian ESDM dapat ditingkatkan di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Wajo.

PJU-TS adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya dan terintegrasi dengan baterai. Lampu PJU-TS ini sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN dan juga daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik terutama di daerah terpencil karena sifatnya yang stand alone.

PJU-TS juga dapat diaplikasikan di daerah perkotaan seperti di kawasan jalan utama, jalan kawasan perumahan, Kawasan industri, dan fasilitas umum lainnya.Pada tahun anggaran 2018, Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE melaksanakan pemasangan PJU-TS di 26 Provinsi dan 167 Kabupaten/Kota dengan jumlah PJU-TS sebanyak 21.839 Titik.

Di Provinsi Sulawesi Selatan sendiri pada tahun 2018 telah dibangun PJU-TS sebanyak 1.977 Titik, yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota. Pembangunan PJU-TS di Provinsi Sulawesi Selatan merupakan usulan Pemerintah Kabupaten/Kota juga inisiasi Komisi VII melalui Andi Yuliani Paris, yang meliputi di Kabupaten Maros 144 Titik, Kab. Soppeng 85 Titik, Kab. Bone 50 Titik, dan Kab. Wajo 323 Titik.

Source : esdm

About Agustinus Purba

Agustinus Purba is an Editor of beritadaerah.co.id and Partner in Business Advisory Services of Vibiz Consulting. He also working as Trainer at LEPMIDA. Moreover, he also experienced as Content Creator at marketing field through social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*