Festifal Satu Indonesia , Beri Ruang Pemuda Tumbuhkan Optimisme. (Jakarta, 10 Maret 2019), Photo: Jul Hutabarat /BD

Festival Satu Indonesia, Ruang Optimisme Generasi Muda

(Beritadaerah – Nasional)  Festival Satu Indonesia digelar pada hari Minggu (10/3) di Istora Senayan Jakarta. Amalia Ayuningtyas, co-Founder Festival  Satu Indonesia menuturkan bahwa acara ini digelar untuk mengajak anak-anak muda terus optimis dalam memandang masa depan bangsanya. “Besarnya populasi anak muda khususnya yang akan menjadi pemilih pemula mendorong kami untuk menggelar sebuah acara yang dapat menumbuhkan optimisme agar anak-anak muda sadar betapa pentingnya peran mereka dalam menentukan arah bangsa kita ke depan”, demikian Amalia menuturkan.

Tahun 2019 menjadi periode dimana isu politik hangat diperbincangkan di berbagai ruang publik dan juga media sosial. Pesta demokrasi pemilihan presiden dan legislatif yang akan diselenggarakan serentak pada 17 April 2019 mendatang menjadi topik utamanya. Namun berkembangnya kondisi bukannya berlomba gagasan dan berlomba menyebarkan optimisme, tetapi banyak orang justru menyikapinya dengan apatisme, pesimisme, hingga fanatisme berlebihan.

Pemilu 2019 kali ini memang special dan dapat disebut sebagai momen transisi generasi. Ada 5 juta pemula dan 80 juta pemilih berusia 17-35 tahun yang akan berpartisipasi. Besarnya jumlah pemilih anak-anak muda ini mendorong Amalia Ayuningtyas dan Singgih Widyastono untuk menggelar Festival Satu Indonesia ini.

Festifal Satu Indonesia dihadiri para musisi kenamaan tanah air seperti Sandhy Sundoro, Dira Sugandi hingga Afgan, juga komika Ernest Prakarsa dan Ge Pamungkas akan yang memeriahkan sesi Inspiration Talks bersama Erick Thohir dan Sri Mulyani serta Capres Joko Widodo.

“Dengan menghadirkan performance dari berbagai musisi lintas genre kami ingin anak-anak muda bisa mengetahui politik melalui musik, bahasa yang sangat universal dan bisa diterima oleh semua orang. Musisi dan narasumber di sesi Inspiration Talks yang kami pilih adalah bagian dari upaya kami agar anak-anak muda mendapat inspirasi sehingga terus menjaga optimismenya”, tutur Amalia.

Festival Satu Indonesia ingin mencoba memberikan pengalaman kepada anak-anak muda bagaimana kampanye yang positif, kreatif dan menyenangkan. “Selama ini selalu ada alasan anak muda nggak mau milih. Tapi melalui acara ini anak muda bisa kenal dengan calon presidennya dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan”, jelas Amalia.

Salah satu pengisi acara, Erick Thohir menganggap pentingnya gerakan-gerakan seperti Festival Satu Indonesia ini untuk berpartisipasi membangun bangsa ke depan. “Dengan terlibat dalam gerakan sosial-politik yang positif, Indonesia akan maju secara progresif”, ujar Erick.

Festifal Satu Indonesia dihadiri oleh sepuluh ribu anak muda berusia 17-35 tahun yang menikmati berbagai rangkaian acara seperti bazar produk lokal, panggung seni, sesi inspiration talks, Jokowi Bicara, dan akan ada juga diskusi santai bersama Jokowi.

Emy T/Journalist/ VM
Editor : Emy Trimahanani

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.