Jokowi: Optimis Gerakan Baru Ekonomi Indonesia bersama Milenial (Photo: Togu Hasiholan/ BD)

Jokowi: Optimis Gerakan Baru Ekonomi Indonesia bersama Milenial

(Beritadaerah – Pilpres 2019) Sebagai pemimpin bangsa, Jokowi pada acara Festival Satu Indonesia di Istora Senayan Jakarta, Minggu (10/3/2019), memiliki harapan dan optimisme yang luar biasa, berharap pada tahun 2040-2045 Indonesia akan menjadi salah satu negara yang terbilang 4 besar ekonomi di dunia.

Visi yang dimiliki Jokowi ini sudah dimulai di era Jokowi-JK dengan menciptakan ekosistem online, seperti membangun:
• Palapa Ring Indonesia Barat, Tengah dan Timur, dimana Indonesia Barat dan Tengah telah selesai 100 % sedangkan Indonesia Timur akan selesai pada bulan Juni 2019.
• Teknologi 4G, broadband kecepatan tinggi di 350 kota dan kabupaten dan ditargekan 514 kota dan kabupaten 514 juga akan diselesaikan.

Jokowi mengatakan bahwa ekosistem offline Indonesia saat ini masih belum dibenahi dengan baik. Memang ini menjadi suatu tantangan sekaligus peluang bagi para Milenial untuk membenahinya, sangat memerlukan sentuhan anak-anak muda. Sebagai contoh, banyak produk di daerah yang sangat bagus dan unggul tapi packaging/ kemasannya belum diperbaiki, belum diberi brand dan labeling yang baik. Bila ekosistem offline sudah dibenahi maka dapat disambungkan dengan ekosistem online. Jokowi mengingatkan agar Milenial jangan hanya senang yang online-online saja, tapi yang offline juga memerlukan sentuhan.

Potensi peluang untuk berusaha sangat besar bagi kaum milenial bila terhubung ekosistem offline dan online. Milenial adalah generasi yang paling tepat yang dapat menggunakan ekosistem ini menuju Jokowi mengingatkan bahwa dari 7 Unicorn di Asia Tenggara, ada 4 Unicorn di Indonesia dan Jokowi optimis bahwa sebentar lagi akan bertambah lagi jumlah Unicorn di Indonesia.

Jokowi mengatakan sangat optimis bahwa hal ini akan memunculkan gerakan baru ekonomi Indonesia. Semoga dari tangan-tangan hebat para Milenial Indonesia, visi menuju 2040-2045 akan terwujud!

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.