Gunung Papandayan, Garut, tampak dari desa Cibereum (Photo: Iin Caratri/BD)

Uniknya Indonesia: Gunung Papandayan bak Neng Geulis

(Beritadaerah – Denyut Sabang Merauke) Gunung Papandayan merupakan gunung yang cukup dikenal karena termasuk kategori gunung berapi, letaknya di Kecamatan Cisurupan,  Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sekalipun tergolong gunung berapi namun kecantikannya bak neng geulis (gadis cantik) tidak bisa dipungkiri. Seperti tampak pada foto ini diambil dari sisi desa Cibereum ini.

Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut ini,  kalau dari Kota Bandung berada  sekitar 70 km disebelah tenggara Kota Bandung. Gunung Papandayan banyak dikunjungi para pendaki baik profesional maupun amatiran karena selain pendakiannya tidak terlalu berat, juga  terdapat beberapa kawah indah yang bisa dinikmati.

Berkembangnya waktu kini Gunung Papandayan menjadi tujuan wisata karena telah disediakan berbagai wahana menarik seperti layaknya wahana di floating market. Juga terdapat toko-toko yang menjual aneka pakaian dan pernak-pernik untuk oleh-oleh.  Bagi yang gemar berenang, tersedia juga kolam renang mewah dengan view langsung menghadap ke kawah.

 

Photo: Iin Caratri/BD

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

One comment

  1. bagus dan indah banget…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.