Mengapa Perlu Memiliki EFIN Pajak?

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) negara kita, pajak merupakan salah satu sumber pendapatan yang penting bagi negara kita. Itu sebabnya terus dilakukan sosialisasi oleh Pemerintah pada seluruh masyarakat untuk melaporkan dan membayar pajak.

Saat ini Pemerintah sudah memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam melaporkan pajak. Salah satunya adalah memakai sistem Electronic Filing atau e-Filing Pajak. Sesuai dengan makin meningkatnya perkembangan teknologi informasi di masyarakat, maka sangat tepat kalau dibuat Sistem pelaporan pajak (Surat Pemberitahuan Tahunan/SPT) secara online. Sehingga masyarakat tidak harus datang ke kantor pajak dan melaporkan pajak secara offline. Tetapi sebelumnya wajib pajak harus datang mendaftar ke Kantor Pelayanan Pajak satu kali saja untuk mendapatkan Electronic Filing Identification Number (EFIN). Setelah itu, semua pelaporan pajak bila dilakukan secara online. Satu hal lagi yang juga wajib pajak perlu ketahui adalah ada ketentuan batas waktu terakhir dalam melaporkan pajak.

Ketika anda datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP), terlebih lagi pada masa-masa bulan Maret ini terlihat masih banyak antrian yang cukup ramai, menunjukkan bahwa banyak wajib pajak yang belum melakukan sistem pelaporan pajak e-Filing ini. Bagi anda yang sudah menggunakan layanan e-Filing, semua pelaporan pajak bisa dilakukan dari rumah/kantor.

E-Filing adalah sistem pelaporan pajak tahunan (SPT Tahunan) yang dilakukan secara online. Apabila sebelumnya wajib pajak setiap tahun harus antri melapor ke KPP dan mengisi formulir isian SPT Tahunan secara manual, maka dengan sistem e-Filing ini, wajib pajak bisa mengisinya secara online tanpa perlu datang ke KPP lagi. Hanya saja seperti yang sudah disampaikan di atas setiap wajib pajak harus memiliki EFIN terlebih dahulu untuk bisa melakukan e-Filing.

Electronic Filing Identification Number (EFIN Pajak) adalah nomor identitas yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bagi wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik atau e-Filing pajak. EFIN digunakan sebagai salah satu alat autentikasi supaya setiap transaksi elektronik atau e-Filing SPT dapat dienkripsi sehingga terjamin kerahasiaannya.

Ada beberapa manfaat dari aktivasi EFIN :
– Dengan EFIN, wajib pajak bisa mengakses sistem pajak online dan melaporkan SPT Tahunan tanpa perlu antre di KPP.
– EFIN menjamin kerahasiaan data yang Anda masukkan ke sistem pajak online.
– Dengan melaporkan pajak secara online, data sudah terekam di sistem pajak. Nantinya untuk laporan pajak tahun berikutnya, tidak perlu mengulang isian dari awal lagi.

Bagaimana Cara Mendapatkan EFIN?

Cara mendapatkan EFIN Pajak sangat mudah dan bisa langsung digunakan dalam waktu tidak lebih dari sehari. EFIN bisa dimanfaatkan wajib pajak pribadi dan badan usaha. Untuk wajib pajak badan usaha, ada beberapa langkah tambahan yang harus dilakukan :
– Masuk ke online-pajak.com/efin_login dan isi formulirnya untuk mendaftarkan akun. Setelah itu, isi formulir aktivasi EFIN yang tersedia.
– Unduh Formulir EFIN Anda. Setelah mendaftar, Anda akan diarahkan ke halaman EFIN dan dapat mengunduh formulir EFIN. Isi dan lengkapi kemudian cetak. Lalu bawa formulir EFIN tersebut beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan ke KPP terdekat.
– Menunjukkan yang asli dan menyerahkan fotokopi dokumen-dokumen perusahaan seuai dengan ketentuan yang ada.

Dengan mendaftarkan EFIN Pajak di aplikasi OnlinePajak, perusahaan Anda secara otomatis terdaftar di sistem e-filing DJP. Anda dapat menikmati banyak kemudahan dan manfaat gratis e-Filing SPT apapun dalam jumlah tak terbatas di OnlinePajak. Tentunya karena ini dilakukan secara online, maka semuanya dilakukan berbasis internet. Ini sangat berbeda dengan sistem offline di mana Anda bisa bertemu dan bertanya langsung pada petugas pajak di KPP.
Tidak terlalu banyak perbedaan sebenarnya ketika Anda melakukan pelaporan pajak secara online maupun secara manual. Sering kali wajib pajak enggan mempelajari lagi hal baru dan sudah terbiasa dengan hal yang lama. Hal yang harus Anda lakukan adalah memiliki waktu untuk mempelajari sistem pajak online ini, maka betapa banyak manfaat yang Anda bisa dapatkan. Jangan kuatir ketika menghadapai kesulitan, sudah disediakan juga layanan bantuan online yang siap membantu.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.