Presiden Jokowi Resmikan PIM Muara Baru, Pasar Ikan Bekelas Internasional

(Beritadaerah – Nasional) Mengawali sambutannya pada peresian PIM Muara Baru Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa bulan Juli 2016, berarti 2 setengah tahun yang lalu, Jokowi perintahkan pada bu Susi, untuk membangun pasar ikan modern yang bersih seperti pasar yang tekenal di Tokyo yatu Tsukiji. Jawaban Menteri KKP – Susi Pujiastuti: “Bisa”.

Jokowi menyampaikan, setelah ditunggu-tunggu, pada malam ini kita telah memiliki pasar modern di Muara Baru Jakarta. “Saya senang dan bangga bisa hadir di pasar Muara baru ini, karena bisa membalik persepsi banyak orang. Dulu persepsi orang pasar ikan itu pasti kotor, becek, bau, tidak nyaman. Pasar Ikan Modern Muara Baru ini kelihatannya dari luar persepsinya bersih, nyaman, dan tidak kalah dengan tempat-tempat belanja di mall-mall dari luar”, demikian Presiden memberikan apresiasinya.

Jokowi meminta salah satu pedagang ikan yang hadir untuk maju. Hadi Jaya Rahmat, pedagang ikan yang sudah berjualan di Pasar Ikan Muara Baru sejak 1991, mengatakan bahwa sehari bisa menjual ikan kadang 500 kilo sampai 1 ton. Per kilo seharga Rp.40 ribu, sehingga semalam penghasilannya bisa mencapai Rp.40 juta. “Dalam sebulan bisa lebih dari 1 milyar dong…., kaya sekali sebagai pedagang ikan”, demikian Jokowi tekankan lagi.

Pedagang ikan ini menyampaikan bahwa sudah hampir sebulan sejak 16 Februari 2019 dia berdagang di pasar yang baru ini. Bedanya dengan pasar yang lama, memang dulu kelihatan kumuh dan bau, sedangkan yang baru ini bersih, nyaman, tidak becek. Keinginan dari pedagang ikan ini mohon diberikan fasilitas yang baik, ikan supaya cepat terkirim dari bongkaran.

Jokowi menegaskan juga bahwa seperti perkataan ibu Menteri, disini ada 896 unit lapak untuk menjual ikan segar, ada 155 unit kios maritim, ada 8 unit food court dan fasilitas-fasilitas lain yang banyak sekali . Dia minta agar penggunaan bangunan yang sudah sangat modern ini disertai dengan pola kerja yang baru dan kebiasaan baru yang lebih baik, kualitas ikan dijaga agar tetap segar.

Di akhir dari sambutannya Jokowi mengatakan: “Mari kita jaga bersama-sama kebersihan, keamanan dan kenyamanan dari Pasar Ikan Modern Muara Baru ini”.

Source : Vibizmedia|BD

About Agustinus Purba

Agustinus Purba is an Editor of beritadaerah.co.id and Partner in Business Advisory Services of Vibiz Consulting. He also working as Trainer at LEPMIDA. Moreover, he also experienced as Content Creator at marketing field through social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*