Ngopi 1000 Desa Jawa Barat, Pererat Tali Silaturahmi

(Berita Daerah – Pilpres 2019) Ngopi selalu jitu untuk mempererat tali silahturahmi. Sambil ngopi bisa sambil ngobrol-ngobrol santai dan semakin dekat, semakin kenal tentunya. Acara Ngopi bagi 1000 Desa di Jawa Barat yang diadakan hari Sabtu (16/3/2019) di Taman Kaldera-Jatijajar Depok, tepatnya di tepi danau Situ Jatijajar-Tapos merupakan acara yang diadakan oleh Tim Relawan Jokowi-Maruf Amin yang dikenal sebagai Tim Akar Rumput (TAR) .

TAR berkomitmen memperkuat komunitas akar rumput melalui kegiatan ngopi bersama sebagai silaturahmi bersama relawan juga caleg-caleg partai pendukung kemenangan Jokowi – Amin daerah pilihan Depok dan warga sekitar danau. Suasana santai tepi danau yang indah di pagi hari membuat suasana terasa teduh dan bagaikan keluarga besar yang berkumpul bersama.

Dalam kata sambutannya, Ketua TAR, Ridha Saleh, menyampaikan inisiatif diadakannya program ngopi 1000 desa ini. Pertama, kopi pagi hari adalah tradisi masyarakat Indonesia yang suka berkumpul setiap pagi sebelum melakukan aktivitas baik di sawah ataupun di perkantoran termasuk dalam rangka berkumpul untuk memenangkan Jokowi-Amin. Kedua, khususnya di daerah Jawa Barat , acara berkumpul ini ditujukan untuk menangkal hoax yang tersebar di daerah Jawa Barat, sehingga program ini muncul menjadi strategi relawan Jawa Barat.

Acara yang diadakan pukul 08.00 hingga pukul 11.00 ini juga bertujuan untuk mendengarkan dan mengkomunikasikan permasalahan masyarakat desa seperti yang pernah diarahkan Jokowi kepada TAR. Panitia menyiapkan kopi untuk 1000 gelas lebih dan kue-kue tradisional. Selain itu kegiatan ngopi desa ini sebagai cara mengaktifkan ekonomi desa dan juga sebagai pendorong silaturahmi.

Diakhir acara seorang caleg DPR RI yang juga Menteri Tenaga Kerja RI 2014-2019: Hanif Dhakiri menyampaikan pidato yang memperkenalkan keberhasilam Jokowi dalam bidang tenaga kerja yaitu meningkatnya ketersediaan 10,54 juta lapangan kerja baru di Indonesia dalam 4 tahun terakhir.

Terlihat antusiasnya rakyat datang memenuhi acara ini. Sebanyak kurang lebih 1500 orang hadir dan menikmati jamuan kopi dan kue yang sudah disediakan. Mereka terlihat menikmati suasana yang ada sambil duduk mendengarkan para relawan yang berbicara. Para relawan dan para calegpun juga nampak menikmati kumpul bersama rakyat.

 

Vera Herlina/Journalist/BD

Editor: Emy Trimahanani

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.