Pantai Base-G Jayapura (Photo: Vera Herlina/ BD)

Uniknya Indonesia: Pantai Base-G Papua yang Alami dan Jernih

(Beritadaerah – Denyut Sabang Merauke) Papua memang tidak diragukan lagi dengan keindahan pantai-pantainya. Bahkan pantai tak bernama-pun jika anda melintasinya hampir semuanya cantik dan menimbulkan kekaguman.

Salah satu pantai yang menjadi perhatian banyak wisatawan nusantara adalah Pantai Base G yang terletak 10 Km di sebelah Barat Kota Jayapura, Papua. Mungkin Anda bertanya;” kok namanya agak aneh, bukan menunjukkan nama lokasi atau desa atau nama khas daerah?”.

Memang, sejarahnya saat Perang Dunia II pasukan sekutu dibawah komando Jendral McArthur pernah mendarat di Teluk Humboldt, Papua ini dan menjadikannya base camp yang kuat. Tentara sekutu menyebutnya sebagai Base Guinea dan disingkat Base-G. Itulah nama yang terlanjur dikenal sampai sekarang.

Pantai Base G masih sangat alami dan bersih dengan air pantai yang jernih lengkap dengan hamparan pasir putihnya. Air lautnya masih sangat jernih sampai pemandangan bawah lautnya pun terlihat jelas dengan mata polos.

Photo: Vera Herlina/BD

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.