Pantai Tablanusu di Jayapura, nampak dari ketinggian (Photo: Vera Herlina/ BD)

Pantai Tablanusu-Pantai Berselimut Koral Hitam nan Cantik

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Pengalaman tak terlupakan ketika saya berkunjung ke sebuah pantai tidak jauh dari Kota Jayapura – Papua ini beberapa waktu lalu. Pantai ini tepatnya berada di Desa Wisata Tablanusu, Depapre, Jayapura.

Perjalanan menuju Pantai Tablanusu di Jayapura, dari arah Sentani (Photo: Vera Herlina/ BD)

Perjalanan kami tempuh dengan mobil rental dari Kota Jayapura menuju Kota Sentani, Ibu Kota Kabupaten Jayapura, sejauh  33 kilometer dari Kota Jayapura. Dari Sentani menuju Dermaga Depapre dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Keindahan pemandangan mulai tersaji dalam perjalanan melewati jalur menurun dan mendaki  di tepian tebing dengan pemandangan hutan lebat dan laut dari kejauhan.

Desa Tablanusu adalah sebuah desa dengan penduduk sebagian besar bermatapencaharian sebagai nelayan. Pemerintah daerah setempat mencanangkan desa nelayan ini sebagai desa wisata juga karena memiliki potensi  wisata hutan, wisata pantai,wisata sejarah, dan wisata budaya.

Pantai Tablanusu di Depapre, Jayapura (Photo: Vera Herlina/ BD)(Vera H) 4

Tiba di pantai Tablanusu Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang agak berbeda, karena sepanjang pantai diselimuti kerikil atau batu koral berwarna hitam. Kalau belum terbiasa akan sedikit mengalami kesulitan melangkahkan kaki di bebatuan kerikil ini dan pasti akan menimbulkan bunyi karena injakan kaki kita. Kata orang setempat, inilah salah satu yang tidak dapat dipungkiri perbedaan penduduk lokal atau orang asing, karena penduduk setempat mahir berjalan diantara batu koral ini tanpa berbunyi.

Suasana pantai di Desa Wisata Tablanusu – Jayapura (Photo: Vera Herlina/ BD)

Selain panorama pantai yang cantik, laut bening dan tenang, serta angin laut yang bertiup sepoi-sepoi juga banyaknya pohon nyiur yang melambai disepanjang pantai membuat Anda betah berlama-lama disini. Pada umumnya para pelancong datang ke pantai Tablanusu ini untuk menikmati air lautnya yang bening nyaman untuk berenang,bermain banana bots  atau menyelam untuk melihat kekayaan bawah lautnya, seperti terumbu karang dan aneka jenis ikan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk sewa perahu dan menyeberang ke pulau kecil terdekat. Di sekitar pantai Tablanusu terdapat dua pulau kecil yang hanya butuh beberapa menit untuk sampai ke pulau-pulau kecil tersebut. Di pulau-pulau ini, Anda bisa menemukan keindahan dan kenyamanan seolah hanya kita yang ada di lokasi tersebut. Kabarnya di pulau kecil ini terdapat anggrek endemic khas Papua yang tumbuh dengan indah.

Jika Anda ingin menginap, selain cottage yang ada di sekitar pantai,  Anda juga bisa menyewa rumah penduduk setempat yang mulai banyak dibuka untuk umum.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.