Wisata Sejarah Benteng Marlborough di Kota Bengkulu

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Bila kita ada di Kota Bengkulu, jangan lupa menyempatkan waktu berkunjung ke Benteng Marlborough. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu, hanya beberapa menit dengan kendaraan bermotor. Benteng yang kokoh dan menarik ini merupakan salah satu benteng peninggalan Inggris. Benteng yang didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1714-1719 di bawah pimpinan Gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris saat itu.

Nama “Marlborough” diambil dari nama bangsawan penjajah inggris yang nama lengkapnya yakni Duke of Marlborough I. Pada masa itu, Pemerintah Inggris menduduki kawasan tersebut sekitar 25 tahun, mulai tahun 1685 hingga 1825.

Desain bangunan dari benteng ini masih asli tanpa renovasi, dengan desain khas abad 17 an. Bahkan taman dan pepohonan di dalam benteng juga terlihat bersih dan terawat. Lokasi bangunan tua tersebut dekat dengan Pantai Paderi dan Pantai Zakat di Kota Bengkulu, sehingga membuat tempat ini memiliki perpaduan budaya dan alam nan indah.

Jika kita memasuki Benteng ini maka pengunjung akan melihat ruang tahanan, benda-benda peninggalan perang seperti meriam, dan lukisan zaman dulu. Untuk menikmati wisata Benteng Marlborough setiap pengunjung harus membeli tiket masuk yang murah seharga Rp. 5 ribu untuk umum dan Rp. 3 ribu untuk pelajar.

Benteng Marlborough telah menjadi pilihan destinasi wisata sejarah yang menarik dan asyik untuk dikunjungi bila kita berada di Kota Bengkulu.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor : Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.