Teluk Triton Kaimana Wisata Baru Unik Di Kaimana Papua

(Beritadaerah – Wisata) Pesona teluk Triton di Kabupaten Kaimana Papua Barat, belum banyak diketahui orang. Berbeda dengan Raja Ampat yang sudah dinobatkan oleh masyarakat pencinta biota laut dan wisata Bahari sebagai salah satu tempat yang terbaik di dunia. Letak teluk Triton sekitar 1 jam perjalanan dari pelabuhan Kaimana dengan menggunakan speedboat. Salah seorang pemandu perjalanan yang pernah ditemui oleh beritadaerah menyampaikan perjalanan kesana merupakan perjalanan yang mengasyikan. Bisa juga menggunakan perahu panjang (long boat) milik penduduk setempat namun memakan waktu lebih lama lagi.Tergantung cuaca juga untuk bisa sampai di Triton, kalau kondisi cuaca kurang bersahabat dibutuhkan dua jam perjalanan dengan speedboat.

Salah satu keistimewaan Teluk Triton adalah adanya ikan raksasa Hiu Paus dan untuk ke lokasinya diperlukan waktu 35 menit perjalanan dengan speedboat. Ikan besar yang jinak ini, bisa diajak bermain-main, dan memberi makan ikan kecil disana. Teluk Triton terdapat 22 ekor ikan hiu paus yang biasanya muncul pada jam 5.30 pagi hingga jam 10 pagi dan dan hanya bisa dilihat pada bulan November hingga bulan Mei. Selebihnya ikan hiu paus ini tidak akan muncul kembali hingga akhir Oktober. Selama Juni hingga Oktober cuaca di Kaimana ada angin laut yang besar dan laut tidak dapat dilalui oleh perahu karena aka nada gelombang yang besar.

Selain itu Teluk Triton juga memiliki pulau-pulau yang eksotik dengan karakteristik yang mirip kepulauan Raja Ampat. Terumbu karang yang sangat unik didapati tumbuh beraneka warna dan bentuk. Belum lagi kehidupan biota laut yang beragam dari yang besarnya seperti ikan hiu paus hingga yang plankton kecil yang tidak dapat dilihat mata biasa. Ikan unik seperti frog fish banyak terdapat di Teluk Triton.

Memang perjalanan dari Jakarta ke Kaimana membutuhkan biaya pesawat yang cukup mahal hingga 9 juta rupiah pulang pergi. Biaya untuk speedboat diperlukan sebesar 6 juta rupiah untuk 10 orang atau 600.000 per orang menggunakan 2 mesin 40 PK, dengan lebar badan speedboat 2 meter dan panjang mencapai 12 meter. Paket menginap disana bermacam-macam, salah satu tempat yang terbaik adalah Triton Dive bernilai 40 euro permalam belum termasuk pajak, terletak di pulau Kaiduma.

Memang tidak diragukan lagi untuk wisata bahari Indonesia timur memiliki daya tarik tersendiri, tentu dijamin akan makan ikan segar yang sangat enak dan jangan lupa nikmatnya minum kelapa manis ditepi pantai. Tertarik untuk pergi ke Teluk Triton? Tentu bagi pencinta wisata bahari bisa segera meluncur kesana, indahnya laut Indonesia yang terkenal dan seperti lagu kebangsaan yang terkenal, Indonesia negeri yang dipuja-puja bangsa.

 

 

Foto-foto courtesy: Jefry Rorong, Pemandu Wisata Kaimana

About Fadjar Dewanto

Partner in Business Advisory Vibiz Consulting, Advisor LEPMIDA (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah) who is active as editor and a columnist on Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.